Connect with us

Banjarmasin

Cegah DBD, Dinkes Diminta Aktif Sosialisasi ke Masyarakat

BANJARMASIN, RK – Dalam satu bulan terakhir, intensitas hujan di Banjarmasin cukup besar. Kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya penyebaran penyakit tahunan demam berdarah dengue (DBD).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Hilyah Aulia mengharapkan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat tidak hanya menunggu hingga penyakit demam berdarah menulari warga.

Dalam hal ini, lanjut Politisi PKB, Dinas Kesehatan harus secepatnya turun ke lapangan mensosialisasikan pencegahan DBD, agar bisa menekan jumlah penderita di Banjarmasin.

“Saat ini memang baru satu dua kasus. Kami ingin Dinas Kesehatan jemput bola memberikan pemahaman kepada warga bagaimana mencegah DB sehingga tidak berkembang,” ucapnya kepada wartawan.

Pencegahan, lanjut Hilyah, jauh lebih penting dan sebenarnya bisa mengandalkan Puskesmas yang tersebar hampir di semua Kelurahan yang ada di Banjarmasin.

“Petugas Puskesmas yang harus aktif ke masyarakat. Memberi pendidikan bagaimana hidup bersih dan sehat. DB awalnya karena pola hidup yang tidak bersih,” cetusnya.

Mumpung masih belum menyebar, lanjutnya, DB sebenarnya bisa saja diberantas dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Hilyah ingin Pemkot Banjarmasin lebih aktif melakukan pencegahan dibandingkan pengobatan, sehingga penularan DB tidak menyebar seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Masyarakat diajak membersihkan lingkungan. Cara ini jauh lebih baik dibanding mengobati yang terkena DB. Kami berharap angka penderita DB tahun ini jauh menurun dibandingkan tahun sebelumnya,” ucapnya. (hdr)

Editor: Sandi Firly

Di Posting 09/03/2020 9:15 AM by Sandi Firly

 570 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *