Connect with us

DPRD Kalsel

Kalsel Gerbang Ibukota Baru, Pembangunan Infrastruktur Jadi Prioritas

BANJARMASIN, RK – Komisi III DPRD Kalsel dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel menggelar pertemuan di Sekretariat DPRD Kalsel, Rabu (11/3/2020) siang.

Banyak topik yang dibahas, salah satunya adalah arah pembangunan selanjutnya mengingat Kalsel akan menjadi gerbang ibukota baru Republik Indonesia.

“Bukan hanya gerbang, tapi juga penyangga pangan,” ucap Kepala Bappeda Kalsel Fajar Desira.

Ia menyebut, akan menyiapkan rawa batang banyu untuk menjadikan Kalsel sebagai penyangga pangan ibukota baru. Dengan demikian menurutnya, ketersediaan imfrastruktur menjadi sangat penting. “Makanya perlu infrastruktur,” katanya.

Adapun infrastruktur yang akan disiapkan Pemprov Kalsel, Fajar menyebut diantaranya jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin, Jembatan Pulau Laut, dan Pelabuhan Mekar Putih.

Selain itu, Bappeda Kalsel juga menampung usulan dewan yang diambil dari hasil reses wakil rakyat beberapa waktu lalu. Untuk hal ini, Fajar mengatakan jika pihaknya perlu menimbang usulan tersebut.

“Usulan dewan dilihat kewenangan siapa, skala prioritasnya, dan kesiapan pendanaan,” ucap Fajar.

Sementara untuk yang diprioritaskan, Fajar menyebut tranformasi ekonomi. Pembangunan infrastruktur akan diprioritaskan untuk pendukung program tersebut.

Transformasi ekonomi sendiri menurut Fajar, yakni mengubah bahan mentah menjadi produksi, sektor pariwisata dan pertanian.

“Ini sedang kita godok,” ujar Fajar Desira.(naf)

Editor: Agus Salim

Di Posting 11/03/2020 8:06 AM by Agus Salim

 594 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *