Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

Karang Taruna Coba Bangkit dari ‘Mati Suri’

BANJARMASIN, RK – Berikan saya seribu orang akan kuangkat Semeru, berikan saya seratus pemuda akan kuguncang dunia. Ini adalah petikan salah satu pidato Proklamator Republik Indonesia saat membangkitkan semangat pemuda.

Ada banyak organisasi kepemudaan di Banjarmasin saat ini. Namun salah satu yang dulunya sangat aktif dalam kegiatan kepemudaan yakni Karang Taruna, kini kurang terdengar gaungnya.

Eksistensi Karang Taruna sebagai salah satu Organisasi Kepemudaan di bawah binaan Dinas Sosial oleh Komisi IV DPRD Banjarmasin coba dihidupkan lagi.

Komisi IV DPRD Banjarmasin sengaja bertemu dengan Karang Taruna dan Dinas Sosial Banjarmasin, untuk menggali lebih jauh informasi mengapa saat ini Karang Taruna di Banjarmasin kian tenggelam seiring kemajuan zaman.

“Kami menilai perhatian pemerintah sangat kecil membina Karang Taruna. Padahal kontribusinya sangat besar dalam menyokong pembangunan,” ucap Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin, Matnor Ali kepada Wartawan di Banjarmasin, Rabu (11/3).

Matnor menjelaskan, di Banjarmasin tercatat sekitar 30 Karang Taruna yang tersebar di 52 Kelurahan. Sayangnya lanjut Matnor Ali, dalam beberapa tahun terakhir esksistensinya kian pudar dan sama sekali tidak terdengar lagi.

“Kami sudah komunikasi dengan Pemkot Banjarmasin untuk menghidupkan kembali Karang Taruna. Walikota sudah mengeluarkan Surat Edaran agar setiap Kelurahan segera membentuk Karang Taruna,” terangnya.

Ketua Karang Taruna Banjarmasin Arbainsyah mengungkapkan, pihaknya terus berkoordinas dengan Dinas Sosial dan Komisi IV Banjarmasin, untuk kembali menghidupkan peran dan fungsi Karang Taruna di Banjarmasin.

“Dalam waktu dekat akan kami agendakan Kemah Keakraban Karang Taruna. Sudah cukup lama Karang Taruna tanpa kegiatan. Kami sudah susun program kerja pembentukan Karang Taruna disetiap Kelurahan di Banjarmasin,” tutupnya.(hdr)

Editor: Agus Salim

Di Posting 11/03/2020 7:26 AM by Agus Salim

 615 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *