Connect with us

Pemprov Kalsel

Paman Birin Terbitkan Surat Edaran Terkait Virus Corona, Begini Isinya

BANJARMASIN, RK – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengimbau masyarakat Kalsel tidak panik dalam menyikapi virus Corona (Covid-19), meski sudah ditemukan puluhan kasus positif di Indonesia.

Namun demikian, Paman Birin tetap meminta masyarakat, instansi pemerintah, swasta waspada dan melakukan upaya pencegahan, diantaranya menjaga area kerja dan fasilitas bersama tetap bersih dan higienis. Ini sebagai tindaklanjut dari Formulir Berita Menteri Dalam Negeri Nomor 443.1/2130/SJ tanggal 4 Maret 2020.

“Misalkan dengan membersihkan permukaan meja, telepon, keyboard, tombol lift dan alat-alat perkantoran lainnya dengan disinfektan secara berkala,” imbau Paman Birin yang dituangkan dalam surat edaran Gubernur Nomor 440/412/TU.PIM SETDA.

Selain itu menyediakan akses sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun atau hand santizer di tempat-tempat umum area kerja seperti pintu masuk, ruang rapat, lift, toilet, terutama di area pelayanan publik. Menyediakan tisu dan masker bagi pegawai dan tamu, pelanggan, pengunjung yang memiliki gejala batuk, pilek dan demam.

“Memasang pesan-pesan kesehatan di tempat-tempat strategis serta membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” tegasnya.

Prilaku hidup bersih dan sehat dimulai dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer secara rutin, batasi menyentuh wajah (hidung, mulut dan mata), sebelum mencuci tangan, terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam).

Kemudian, gunakan masker jika batuk atau flu, tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, minum air yang cukup dan aktivitas fisik minimal 30 menit /hari, serta jaga jarak dengan rekan kerja yang sedang demam, batuk dan bersin.

“Hindari melakukan perjalanan ke luar negeri yang telah terjangkit Covid-19,” imbaunya lagi.

Apabila terdapat warga yang mengalami gejala demam di atas 380 C, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak nafas, segera menghubungi petugas kesehatan terdekat. Untuk layanan informasi dapat menghubungi Call Center Siaga Covid-19 Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan 0821 5771 8672/0821 5771 8673.(rilis pemprov kalsel)

Editor: Agus Salim

 

Di Posting 11/03/2020 1:25 AM by Agus Salim

 612 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *