Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

Sempat Gaduh, BK Bagikan Tatib dan Kode Etik

 

BANJARMASIN, RK – Sempat terjadi kegaduhan dan tumpang tindih Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), Badan Kehormatan (BK) DPRD Banjarmasin segera mensosialisasikan Tata Tertib (Tatib) yang baru diparipurnakan beberapa waktu lalu.

Ketua BK DPRD Banjarmasin, Abdul Gais memastikan dalam waktu dekat, salinan Tatib dan Kode Etik akan diterima semua Anggota DPRD Banjarmasin, agar tidak terjadi lagi disharmonisasi di kalangan wakil rakyat.

“Ada 163 pasal Tatib yang baru, nanti dibaca satu persatu agar jelas. Kami berharap semua anggota DPRD tidak ada lagi yang salah faham dengan tugas mereka masing-masing. Termasuk pembagian mitra kerja dengan SOPD Pemkot Banjarmasin,” ucap Abdul Gais kepada riliskalimantan.com di Banjarmasin, Rabu (11/3/2020).

Dijelaskan Abdul Gais, selain salinan Tatib hasil Paripurna awal bulan tadi, pihaknya juga akan mensosialisasikan kode etik untuk menjaga marwah anggota secara kelembagaan.

Sehingga, lanjutnya, ke depan tidak ada lagi perdebatan antar Komisi dalam hal pembagian mitra kerja dengan SOPD Pemkot Banjarmasin.

“Ada banyak kode etik yang harus diketahui dan dipatuhi anggota dewan. Baik yang baru dilantik atau sudah senior, semua harus dipatuhi karena ada sanksi tegas jika dilanggar,” bebernya.

Gais mengaku sangat menyayangkan terjadinya disharmonisasi dan tumpang tindih kewenangan atas mitra kerja dengan SOPD, yang berakibat terganggunya tugas dan fungsi parlemen dalam bidang pengawasan, legislasi, dan anggaran.

“Semua sudah diatur dalam Tatib. Tinggal sejauh mana nantinya dipelajari dan difahami. Laksanakan tugas sesuai dengan Tatib yang sudah disahkan bersama,” tutupnya.(hdr)

Editor: Agus Salim

Di Posting 11/03/2020 7:19 AM by Agus Salim

 582 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *