Connect with us

Hulu Sungai Tengah

Terkait Sektor Pertanian, Berry Berharap Masukan dari KTNA

BARABAI, RK – Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar Mimbar Sarasehan, Rabu (11/3/2020).  

Sarasehan diikuti sejumlah Kelompok Tani dan Gapoktan yang ada di HST.

Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan, mengharapkan Mimbar Sarasehan yang digelar KTNA memberikan masukan bagi Pemkab HST untuk membuat kebijakan di bidang pertanian, di mana saat ini lahan pertanian cenderung berkurang.

Berry menambahkan, dalam menyambut Ibu Kota baru di Kalimantan Timur ke depan, HST dipersiapkan akan menjadi salah satu penyokong  produksi pertanian terbesar dalam hal ketersediaan pangan. Hal ini berarti bahwa sektor pertanian mempunyai arti strategis dalam mengatasi pengangguran didaerah hingga akan memberikan dampak langsung terhadap perekonomian daerah.

“Dengan adanya kegiatan dan wadah KTNA ini, diharapkan lebih memberi manfaat dan arah positif bagi pembangunan dan pembinaan kelompok tani,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KTNA Kabupaten HST, M Saleh menjelaskan Mimbar Sarasehan KTNA merupakan pertemuan petani dan Gapoktan serta steakholder untuk menjaring aspirasi, yang selanjutnya menjadi masukan kepada pemerintah dalam pembuatan kebijakan dalam pembangunan sektor pertanian.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memahami keadaan dan masalah yang dihadapi dalam pembangunan pertanian di lapangan, serta untuk mencapai kesepakatan tentang pemecahan masalah – masalah dan penyusunan rencana kegiatan yang mencakup usaha tani nelayan serta kehidupan keluarganya,” paparnya.

Disamping itu, tambah dia, juga bertujuan untuk mewujudkan hubungan timbal balik yang serasi antara Kelompok Tani dan pemerintah dalam pelaksanaan pengawasan pembangunan pertanian untuk perbaikan dimasa yang akan datang.(ary)

Editor: Agus Salim

Di Posting 11/03/2020 6:21 AM by Agus Salim

 669 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *