Connect with us

Hulu Sungai Tengah

Jelang Pilkades, Waspada Kampanye Hitam dan Politik Uang

BARABAI, RK – Satgas TMMD ke-107 tahun 2020 Kodim 1002/Barabai menggandeng Dinas PMD (Pemerintahan Masyarakat Desa) Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk memberikan penyuluhan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) kepada masyarakat di lokasi TMMD, Jumat (20/3/2020).

Penyuluhan dan sosialisasi pilkades dilaksanakan di Aula kantor Kepala Desa Haruyan Seberang, Kecamatan Haruyan dengan penyuluh dari Staf  Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa Kabupaten HST, Fathul Jannah.

“Jelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala desa hendaknya masyarakat mewaspadai adanya black campaign (kampanye hitam) dan money politic (politik uang),” kata Fathul Jannah.

Dijelaskannya, black campaign atau kampanye hitam adalah sebuah upaya untuk merusak atau mempertanyakan reputasi seseorang, dengan mengeluarkan propaganda negatif. Hal ini dapat diterapkan kepada perorangan atau kelompok. Target-target umumnya adalah para jabatan publik, politikus, kandidat politik, aktivis dan mantan suami.

Sedangkan money politik atau politik uang adalah suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya untuk memilih, maupun supaya ia menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat pemilihan umum.

“Semuanya itu adalah bentuk pelanggaran dalam pesta demokrasi,” tandasnya.

Karena itulah, masyarakat harus ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi sehingga terpilih pemimpin yang benar benar berkualitas dan pilihan mayoritas masyarakat.

Sementara itu Pasi Intel Satgas TMMD ke-107 tahun 2020 Kodim 1002/Barabai, Kapten Czi Obet Subagiyo menambahkan, dalam waktu dekat akan digelar pemilihan kepala desa, untuk itu gunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani tanpa adanya paksaan dari orang lain.

“Dan jika terjadi pelanggaran dalam pesta demokrasi segera melaporkan kepada pihak yang berkompeten disertai bukti yang valid sesuai di lapangan guna menghindari fitnah dan hoax,” pintanya.

Sebagai aparat keamanan, pihaknya hanya memantau perkembangan pelaksanaan pemilihan kepala desa yang hampir tersebar di wilayah Hulu Sungai Tengah, dan tetap bersikap netral tidak mempunyai hak memilih dan dipilih.(pendim1002)

Editor: Agus Salim

Di Posting 20/03/2020 7:22 AM by Agus Salim

 753 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *