Connect with us

Kalteng

4 TKA Yang Bekerja Di PBS Pulang Pisau, Dihimbau Untuk Cek Kesehatan

Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans) Pulang Pisau, Farisco Jaga Siun Ibat

PULANG PISAU, RK – Untuk menjaga suasana tetap kondusif jelang ditetapkannya status Tanggap Darurat Covid-19 di wilayah Kalimantan Tengah. Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans) Pulang Pisau, Farisco Jaga Siun Ibat menghimbau Perusahaan Besar Swasta ( PBS) untuk memeriksakan Kondisi Kesehatan Tenaga Kerja Asing ( TKA) yang dimiliki.

“Memang ada ekspatriat, pekerja profesional tenaga ahli di wilayah kita. Mereka dari China, tapi keberadaan mereka ini sudah sejak lama dan mengantongi izin,” Ungkap Faricso.

Dirinya meminta kepada perusahaan yang menaungi ekspatriat asing tersebut agar selalu memantau kondisi kesehatan mereka. Selain itu ditambahkan Farisco, sementara ini jangan dulu bepergian, agar tidak membuat suasana gaduh.

“Jangan bepergian keluar lokasi, karena sekarang isunya sensitif. Selalu berkoordinasi dengan perusahaan tempat bernaung, begitu juga PBS yang ada harus kooperatif jangan mendatangkan tenaga kerja baru dari luar Pulang Pisau,” pesan Faricso.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini dari Disnakertrans Pulpis Perjanuari 2020 lalu, terdapat 4 Tenaga Kerja asing ( TKA) dari China yang bekerja di 4 PBS wilayah Pulang Pisau. Diantaranya, PT Kahayan Berseri ( Pabrik Karet ) Di Desa Garung  1 orang, PT Surya Cipta Perkasa ( Perusahaan sawit)  Kecamatan Sebangau 1 orang, PT Berkah Alam Fajarmas ( Perusahaan sawit)  Kecamatan Banama Tingang 1 orang, dan PT Kalimantan Zircon (Pengolahan Mercuri) Di Desa Gohong 1 orang.

Sementara untuk Fujian Longking, Kontraktor milik PT Pembangkit Jawa-Bali (PT PJB) Pulpis, sejak 2019 lalu sudah memulangkan
22 orang TKA asal China usai berakhirnya kontrak kerja.( ds )

Editor : Arif Syarkawie

 192 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *