Connect with us

Kalteng

Sikapi Penyebaran Corona. Ketua MUI Pulpis : “Jangan Panik dan Ikuti Anjuran Pemerintah”

Ustad Suryadi ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Pulang Pisau

PULANG PISAU, RK – Untuk ikut berperan memerangi Penyebaran Corona di wilayah Pulang Pisau, Ustad Suryadi ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Pulpis menghimbau pada umat islam untuk tidak panik dan lebih banyak melakukan kegiatan dirumah.

“Menjaga kebersihan diri dan keluarga serta ikuti anjuran pemerintah. Itulah sikap yang dapat membantu untuk memerangi Covid-19 saat ini,” Ujar Ustad Suryadi.

Dirinya juga menjawab polemik yang ramai beredar di media sosial terkait Fatwa MUI Pusat tentang anjuran beribadah dirumah. Menurut Ustad Suryadi, maksud dari fatwa tersebut yakni disesuaikan dengan kondisi umat saat itu berada.

“Kalau ibadah itu sifatnya sunah, bisa saja tidak dilakukan untuk sementara demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Misalnya majelis ta’lim, isra mi’raj atau syukuran. Namun berbeda dengan shalat Jumat atau Sholat lima waktu yang sifatnya wajib maka tetap dilaksanakan,” ungkap Ketua MUI Pulpis.

DI BATALKAN – Meski Kafilah Pulpis sudah berangkat untuk mengikuti MTQ XXX Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2020 di Barito Selatan, karena Corona terpaksa harus di batalkan. (Foto/ IST)

Namun menurutnya Pada kondisi darurat, misalnya suatu tempat di tetapkan masuk Zona Merah, maka pelaksanaan ibadah wajib seperti shalat Jumat berjamah bisa saja ditiadakan dan di ganti ibadah di rumah.

“Karena jika tetap dipaksakan, orang akan berkumpul dan membuat penularan virus semakin cepat. Pada intinya ikut fatwa ulama dan anjuran pemerintah, karena itulah hasil kesepakatan yang terbaik,” ungkap Ustad Suryadi. ( ds )

Editor : Arif Syarkawie

 159 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *