Connect with us

Balangan

Balangan akan Salurkan BLT kepada Keluarga Terdampak Corona

PARINGIN, RK – Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk menangani dampak virus corona atau covid-19 yang semakin meluas. Salah satunya dengan memperbolehkan desa memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat miskin menggunakan dana desa (DD).

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 6/2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Peraturan ini ditanggapi langsung oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Keluarga terdampak Covid-19 dipastikan akan mendapat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) sebesar Rp600 ribu per bulan hingga Juni mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Balangan Urai Nur Iskandar menjelaskan, peraturan baru tersebut tujuannya untuk menjaga kestabilan sosial dan ekonomi masyarakat, apalagi masyarakat miskin yang terdampak Covid-19.

“Sasarannya keluarga miskin yang belum tercover Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” terang Urai, Senin (20/4/2020).

Adapun teknisnya, pertama mekanisme pendataan dilakukan oleh relawan desa lawan Covid-19. Kemudian data calon penerima BLT desa divalidasi dan difinalisasi dalam rapat Musyawarah Desa Khusus. Kemudian ditetapkan dan dokumen yang ditandatangani kepala desa.

Sementara itu, terkait metode dan mekanisme perhitungan prsentase alokasi dana desa ada beberapa ketentuan.

“Desa dengan DD kurang dari Rp800 juta alokasi BLTnya maksimal 25 persen. Sedangkan DD Rp800 juta sampai Rp1,2 miliar, alokasi BLTnya maksimal 30 persen. Desa yang DDnya lebih dari Rp1,2 miliar alokasi BLTnya maksimal 35 persen,” detilnya.

Agar tidak tumpang tindih, lanjut Urai, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial maupun dinas lain yang mengalokasikan bantuan. Dengan Dinas Sosial, koordinasi dilakukan berkaitan dengan data penerima PKH dan BPNT.

“Penyaluran ini pun nanti akan ditentukan melalui rapat desa. Di sini nantinya bisa diputuskan penerima dana BLT ini. Kita harus pastikan BLT ini harus diterima oleh masyarakat yang berhak dan masuk kriteria penerima bantuan,” katanya.

Di waktu yang sama, Bupati Balangan H Ansharuddin menegaskan agar penyaluran BLT melalui dana desa ini harus diawasi secara maksimal dan harus tepat sasaran.

“Dinas PMD harus terus pantau penyaluran BLT ini, dan yang saya lebih tekankan kepada aparat desa agar benar-benar mendata warganya yang berhak menerima BLT ini,” pungkas Bupati. (rilis/elh)

Editor: Sandi Firly

Di Posting 22/04/2020 3:42 AM by Sandi Firly

 669 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *