Connect with us

Balangan

MAN 4 Balangan Tetap Gelar Karantina Tahfidz Secara Online

PARINGIN, RK – Kegiatan karantina tahfidz merupakan salah satu kegiatan unggulan yang dilaksanakan di MAN 4 Balangan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai kegiatan lanjutan dari kegiatan ekstrakurikuler.

Karantina tahfidz untuk tahun 2020 ini merupakan tahun kedua setelah sukses dilaksanakan pada bulan Ramadhan tahun 2019.

Namun dikarenakan tahun ini terjadi pandemi Covid-19, maka kegiatan karantina tahfidz dilaksanakan secara online demi mematuhi anjuran pemerintah untuk menerapkan pencegahan Covid-19 yaitu social distancing dan physical distancing.

Salah satu guru pembimbing tahfidz, Ustadz Syamsi Wal Qamar, S.Pd.I mengungkapkan, untuk tahun ini kegiatan karantina tahfidz hanya diikuti oleh 25 orang peserta, baik pelajar dari MAN 4 Balangan maupun dari pelajar sekolah lainnya.

“Pembimbing tahfidz ada dua orang, yaitu Ustadz Syamsi Wal Qamar, S.Pd.I dan Ustadzah Herlianawati, S.Pd,” sebutnya, Kamis (14/5/2020).

Lebih lanjut disampaikan, pada awalnya kegiatan karantina tahfidz untuk tahun ini ditiadakan karena pandemi Ciovid-19, namun setelah bermusyawarah dengan ibu Zulfah Magdalena, S.Pd, M.Si sebagai Kepala MAN 4 Balangan dan adanya permintaan para pelajar khususnya bagi mereka yang memiliki hafalan sebelumnya, maka kegiatan karantina tahfidz tetap dilaksanakan.

“Kegiatan karantina tahfidz untuk tahun lalu dilaksanakan secara langsung atau tatap muka, maka tahun ini dilaksanakan dengan pertemuan secara online menggunakan aplikasi Zoom atau Group Whatsapp dan tatap muka. Tetapi durasi pertemuan secara online lebih banyak daripada tatap muka,” jelasnya.

Menurutnya, selama 20 hari pelaksanaan kegiatan para peserta diatur pertemuannya secara online maupun tatap muka secara langsung untuk menyetorkan hafalan.

Pertemuan tatap muka diatur secara bergiliran, yaitu hanya 5 orang peserta saja yang berhadir menemui pembimbing tahfidz, tetapi tetap menjaga jarak aman, menggunakan masker dan meniadakan adanya kontak fisik, seperti bersalaman.

“Harapannya bagi semua peserta karantina tahfidz semoga dengan adanya kegiatan ini bisa membantu para pelajar mengisi kegiatan yang bermanfaat selama libur bulan Ramadhan dan bisa memotivasi semangat para pelajar untuk lebih semangat lagi dalam mengembangkan hafalan Al-Qur’an sampai selesai 30 juz meskipun ditengah pandemi Covid-19,” jelas Ustadz Syamsi Wal Qamar.

Sementara itu, Zulfah Magdalena, S.Pd, M.Si sebagai Kepala MAN 4 Balangan mengharapkan kegiatan ini terus berlanjut, meningkat, dan berkesinambungan baik dari tahun ke tahun.

Selain itu Tahfizh di MAN 4 Balangan, nantinya mulai tahun ajaran baru, dan telah disetujui dalam rapat komite dan program kerja MAN 4 Balangan, Insya Allah akan menjadi mata pelajaran muatan lokal di MAN 4 Balangan selain Riset Ilmiah (KIR).

“Karena dua eskul ini adalah esktrakulikuler unggulan dari MAN 4 Balangan, MAN 4 Balangan Tercinta atau disingkat Manecta ingin menghasilkan peserta didik yang hebat pengetahuan agama dan sains. Sesuai dengan Motto MAN 4 Balangan ingin menghasilkan insan MAN 4 Balangan Tercinta, tercinta akronim dari Terampil, Empati, Religius, Cerdas, Inovatif, Nasionalis, Teladan dan Ber Akhlakul Karimah,” tutupnya.(elh)

Editor: Sandi Firly

 219 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *