Connect with us

Kalteng

Sebangau Kuala Potensi Mengembangkan Sayur

POTENSI SAYUR – Daerah Kecamatan Sebangau Kuala, Pulang Pisau memiliki potensi lahan yang bisa di kembankan sebagai kawasan sayur mayur jika digarap dengan serius. ( foto/ Ist)

PULANG PISAU – Luasnya lahan yang dimiliki Kecamatan Sebangau Kuala, menjadikan daerah ini sangat berpotensi untuk dimasuki investasi, khususnya dibidang pertanian dan Holtikultura sayur-sayuran. Dikatakan Camat Sebangau Kuala, Herman Wibowo jika keberhasilan hasil garapan beberapa petani diwilayahnya adalah bukti jika lahan-lahan sebangau layak untuk garap sektor tersebut.

“Wilayah Sebangau itu lahannya bagus, seperti di Desa Mekar Jaya, Sebangau Permai, Sebangau Jaya dan sebangau Mulya. Beberapa riwayat penggarapan lahan oleh petani kita hasilnya lumayan, seperti tanaman Lidah Buaya, Jamur Tiram, jagung. Artinya lahan yang digarap secara mandiri oleh petani saja berhasil, apalagi jika digarap melalui investasi yang besar,” tutur Herman, Camat Sebangau Kuala.

Camat Sebangau Kuala,          Herman Wibowo

Dirinya mengakui, jika permasalahan keasaman lahan gambut dibeberapa wilayah disebangau memang kerap jadi kesulitan para petani untuk memilih tanaman yang cocok. Kadang diakuinya ada juga yang berhasil akan tetap dengan luasan yang terbatas karena kemampuan mandiri oleh petani.

“Jadi jika ada invetasi yang ingin masuk sebangau kita akan sambut dengan senang hati. Silahkan lihat dulu seperti apa lahannya, kemudian potensi jangka panjanganya. Kalau kita optimis mengusulkan sektor sayuran Holtikultura yang cocok. Kalau hanya alasan lahan gambut yang asam, kita rasa hal itu mudah saja jika dibarengi penelitian dan tehnologi yang ada,” pungkasnya. ( ds)

Editor : Arif Syarkawie

 150 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *