Connect with us

Kalteng

Gugus Tugas Ingatkan Masyarakat, Reaktif Belum Tentu Positif Covid-19

Ingatkan Masyarakat Tidak Panik - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, meminta pada masyarakat untuk menyerahkan pemeriksaan Covid-19 kepada tim kesehatan Gugus Tugas untuk menghindari asumsi yang negatif.

PULANG PISAU,RK- Untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait status postifnya seseorang terkena Corona. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, meminta pada masyarakat untuk menyerahkan pemeriksaan sepenuhnya kepada tim kesehatan Gugus Tugas yang ada. Hal itu menurutnya penting, karena Gugus Tugas memiliki peralatan dan petugas medis yang memadai dalam meriksa kondisi kesehatan seseorang.

“ Jangan sampai masyarakat mengambil kesimpulan sendiri. Misalnya yang sedang ramai saat ini adalah pemeriksaan rapid tes melalui sampel daerah. Perlu di ketahui jika hasil rapid tes menunjukkanseseorang reaktif tidak serta merta orang tersebut positif Covid-19. Hasil pemeriksaan swab laboratorium yang menentukannya,” Ujar dokter Mul saat di bincangi di posko Gugus tugas, Rabu (27/5) tadi.

Pemeriksaan rapid tes atau tes cepat ini, kata dokter Mul, dilakukan untuk mendeteksi dugaan adanya virus dalam tubuh seseorang.  Karena menurutnya Rapid tes akan membaca antibodi dalam tubuh seseorang yang terkena Virus, meskipun itu belum tentu Virus Covid-19.

“ jika seserang di tes melalui Rapid hasilnya reaktif, selanjutnya baru dilakukan pemeriksaan swab, yakni pengambilan lendiri tenggorokan atau hidung. Selanjutnya pemeriksaan bisa sampai 7 hari baru kemudian di ketahui seseorang tersebut kena Covid-19 atau tidak. Kita harapkan masyarakat jangan langsung panik jika mengetahui ada keluarganya yang dirapid menujukan hasil reaktif,” tukasnya. ( ds)

Editor : Arif Syarkawie

 150 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *