Connect with us

Pemprov Kalsel

Aplikasi eHDW Efektifkan Advokasi Kader Desa

BANJARMASIN, RK- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalsel Zulkifli mengungkapkan, hadirnya aplikasi Human Development Worker (eHDW) akan mempermudah tugas dan fungsi kader desa kedepannya.

“Dengan adanya aplikasi mobile ini, maka  kader desa dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa,” ungkapnya disela kegiatan Pembukaan Pelatihan Aplikasi eHDW yang diikuti oleh 25 fasilitator dari kabupaten melalui video conference, Rabu (10/6/2020) di Kantor DPMD Provinsi Kalsel.

Kegiatan ini sendiri diharapkan dapat memfasilitasi para tenaga ahli madya atau pendamping di desa supaya kader desa dapat menggunakan dan menginput data melalui aplikasi itu melalui telepon seluler mereka masing-masing.

“Nantinya Aplikasi eHDW dan Indeks Desa Membangun (IDM) akan terintegrasi dengan sistem informasi EPPGBM (Elektronik Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) dan akan menjadi dasar dalam penetapan lokasi desa prioritas dan rekomendasi intervensi lintas sektor,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Sosial Dasar DPMD Provinsi Kalsel Adi Rosian menambahkan, cakupan menu aplikasi eHDW  meliputi data-data fasilitas desa. Misalnya polindes, PAUD, posyandu, air bersih dan sanitasi serta penerima manfaat. Penerima manfaat itu adalah ibu hamil, ibu nifas,anak berumur 0 sampai 2 tahun serta anak yang berumur >2- 6 tahun.

Selain itu eHDW juga memiliki fitur diantaranya “Tugas Saya” yang artinya Kader Pembangunan Manusia (KPM) akan menerima notifikasi berupa kegiatan layanan yang akan diberikan kepada penerima manfaat.

“KPM perlu memantau dan memastikan intervensi layanan tersebut diterima oleh penerima manfaat,” harapnya.

Selain itu ada juga fitur “Laporan Tahunan” yang menyajikan data dan informasi kegiatan pencegahan stunting yang sudah dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun. Sedangkan “Laporan Triwulan” akan menyajikan skor desa yang telah dicapai dalam kurun waktu setiap triwulan.

“Secara khusus aplikasi eHDW bertujuan untuk memfasilitasi data dan tugas manajemen kasus untuk KPM. Serta mengidentifikasi kesenjangan utama dalam pemberian layanan. Sehingga KPM dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

 234 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *