Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

Anggota BPK Banjarmasin Dapat Asuransi?

BANJARMASIN, RK – DPRD Banjarmasin terus memperjuangkan nasib ribuan anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK)di Banjarmasin.

Saat ini DPRD Banjarmasin yang tergabung dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) tengah menggodok payung hukum berupa Revisi Peraturan Daerah (Raperda) No 13 Tahun 2008 tentang Penanganan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di kota Banjarmasin.

Anggota Bapemperda H M Faisal Hariyadi menjelaskan, beberapa point menjadi perhatian besar dalam revisi Perda No 13 Tahun 2008 yakni jaminan asuransi bagi anggota pemadam kebakaran, pengaturan operasional pemadam kebakaran, hingga ketersediaan sumber air untuk pemadam kebakaran.

“Dalam revisi perda ini kami akan perjuangkan asuransi untuk semua anggota BPK di Banjarmasin. Tugas anggota pemadam cukup berat dan penuh resiko. Sudah selayaknya mereka diberi jaminan,” ucap Faisal Hariyadi.

Tak hanya jaminan asuransi, Faisal yang juga Ketua Balakar 654 Banjarmasin, dalam Revisi Perda No 13 tahun 2008, akan mencoba memberikan terobosan teknis dan pengaturan anggota BPK yang bertugas di lapangan.

Selain teknis di lapangan, pihaknya juga akan memperjuangkan ketersediaan sumber air baku, yang saat ini menjadi kendala bagi anggota pemadam kebakaran di Banjarmasin.

“Dengan payung hukum yang jelas, kami akan koordinasi dengan pemerintah agar menyediakan sumber air baku saat bertugas memadamkan kebakaran. Jika penyediaan hydran sulit dilakukan, masih bisa diupayakan dengan lahan resapan air yang dimiliki Pemkot Banjarmasin,” bebernya.

Faisal menjelaskan, Banjarmasin memiliki record Barisan Pemadam Kebakaran terbanyak di Asia. Hal ini menurut Faisal menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemkot Banjarmasin, yang hendaknya diikuti dengan perhatian besar karena mengharumkan nama Banjarmasin di dunia internasional. (hdr)

Editor: Sandi Firly

 174 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *