Connect with us

umum

Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid Humasa Rantau Mulai Laksanakan Jumatan

RANTAU, RK – Masjid Humasa Rantau, Kabupaten Tapin, hari ini tetap melaksanakan salat Jumat yang diikuti pria muslim tak mengalami udzhur sya’ri atau yang tak ada halangan melaksanakannya di tengah pandemi Corona Covid-19, Jumat (12/6) siang.

Kondisi salat Jumat di masjid, para jamaah terpantau mentaati protokol kesehatan. Dimulai saat para jamaah memasuki masjid diberikan hand sanitizer oleh pengurus masjid hingga membatasi jarak shaf salat antara jamaah dengan jamaah lainnya hingga menggunakan masker.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin, H Mahrus mengatakan bahwa Kemenag Tapin sudah mengirimkan ke seluruh masjid di Kabupaten Tapin, panduan penyelenggaraan kegiatan di tempat ibadah agar aman dari Covid-19 di tengah pandemi.

“Di situ kita jelaskan protokol kesehatan yang harus dilakukan, sehingga salat Jumat dapat kembali dilaksanakan di masjid. Disana bagaimana pengurus masjid bertugas menyediakan hand sanitizer bagi para jamaah, juga melakukan penyemprotan disenfektan secara berkala, mengecek suhu tubuh setiap para jamaah, membatasi jarak dalam shaf antar jamaah minimal 1 meter serta mengenakan masker. Demikian syarat diantaranya untuk masjid yang melaksanakan salat Jumat,” katanya.

Namun, lanjut Kepala Kemenag Tapin, pengurus masjid yang memenuhi syarat itu belum ada yang melapor kepada pihaknya. Dirinya mengajak para jamaah untuk selalu mentaati protokol kesehatan di masjid.(nasrullah)

Editor: Agus Salim

 198 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *