Connect with us

Balangan

Desa Balida Penuhi Standarisasi Kampung Tangguh Banua

PARINGIN, RK – Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan menjadi salah satu Kampung Tangguh Banua dan tanggap pandemi covid-19.

Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, SH, S.IK. didampingi Kapolsek Paringin Ipda Eko Budi Mulyono, berkunjung ke Desa Balida untuk melihat langsung keadaan desa.

Kades Balida, Sahridin menjelaskan, bahwa Kampung Tangguh Banua yang merupakan program dari Polda Kalsel tersebut mendapat dukungan penuh Badan Permusyawaran Desa (BPD) dan masyarakat Desa Balida. Di antaranya terkait anggaran penanganan Covid-19 di Desa Balida menggunakan Dana Desa.

“Pemdes Balida beserta BPD dan masyarakat sangat mendukung dengan adanya Kampung Tangguh Banua. Anggaran Dana Desa untuk penanganan pencegahan penyebaran covid-19 secara mandiri kepada warga salah satunya BLT. Selain itu, juga pembagian wastafel portable bagi warga yang belum memiliki untuk digunakan di depan rumah, penyemprotan disinfektan juga dijadwalkan secara rutin,” tuturnya, , Senin (15/6/2020).

Sementara itu, Kapolres Balangan Nur Khamid, SH, S.IK menyampaikan instruksi Kapolda Kalsel kepada seluruh Kapolres/Kapolresta di jajaran Polda Kalsel  agar benar-benar serius membantu pemerintah daerah dalam menanggani Covid-19.

Karena itulah Polres Balangan kemudian membentuk Kampung Tangguh Banua di Desa Balida sebagai ikon di wilayah Kecamatan Paringin.

“Kami dari TNI-Polri ingin melihat dari segi kesiapan dan sarana prasarana yang diperuntukkan sebagai titik terdepan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tingkat desa,” kata Kapolres.

Menurutnya, dibentuknya Kampung Tangguh Banua ini sebagai upaya mandiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat dalam mengelola lingkunganya guna mencegah dan mengatasi Covid-19.

Kampung Tangguh Banua memiliki standarisasi yakni, setiap warga yang keluar masuk desa dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, lumbung pangan desa juga dimanfaatkan sebagai cadangan pasokan makanan jika kondisi darurat.

Standar lainnya ruang informasi Covid-19, dapur umum, personil Keamanan, tempat ruang Isolasi, tempat cuci tangan, dan SOP cara penanganan pasien kondisi Covid, sarana angkutan tanggap darurat, serta Pos Kesehatan yang cukup memadai.

“Untuk Desa Balida sudah memenuhi standarisasi Kampung Tangguh Banua. Untuk sarana dan prasarana sudah siap,” tegas Kapolres.(elh)

Editor: Sandi Firly

 171 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *