Connect with us

Banjarmasin

Terkendala Corona, Baru Satu Raperda Diserahkan

BANJARMASIN, RK – Hingga saat ini Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Banjarmasin masih menunggu penyerahan draft belasan Raperda inisiatif Pemkot Banjarmasin.

Ada 13 Raperda yang diajukan oleh eksekutif ke DPRD Banjarmasin, selanjutnya dibahas hingga menjadi sebuah produk hukum.

Ketua Bapemperda DPRD Banjarmasin Arupah Arif mengatakan, selain 13 Raperda yang diajukan eksekutif, ada 5 Raperda yang juga diajukan DPRD Banjarmasin, namun sudah berjalan hingga proses uji publik.

“Kami dari DPRD Banjarmasin juga mengajukan 5 Raperda, namun sudah berjalan hingga penyampaian uji publik. Hingga saat kami masih menuggu Raperda yang diajukan Pemkot Banjarmasin,” katanya.

Alotnya penyerahan dfart Raperda inisiatif eksekutif, lanjut Arupah, bisa dikarenakan beberapa hal antara lain Covid 19 dan pengesahan administrasi dari Kemenkum HAM RI.

“Sekarang ada perubahan teknis terkait Raperda. Salah satunya setiap Raperda yang diajukan harus mendapat persetujuan administrasi dari Kemenkum¬† HAM,” terangnya.

Lebih jauh Arupah menjelaskan, setidaknya ada tiga Raperda yang diajukan ke DPRD Banjarmasin untuk dilakukan pembahasan, karena salah satu syarat harus dibentuk Pansus.

“Pembentukan Pansus harus ada tiga Raperda yang diajukan. Hingga saat ini hanya ada satu Raperda RTRW yang diajukan. Kami masih menunggu dua Reperda lagi untuk bisa membentuk Pansus dan melakukan pembahasan hingga finalisasi,” tutupnya. (hdr)

Editor: Sandi Firly

 120 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *