Connect with us

Banjarmasin

Tiga Raperda Usulan Pemkot Siap Dibahas

BANJARMASIN, RK – DPRD Kota Banjarmasin  membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas  tiga  Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diusulkan  pihak Pemko Banjarmasin.

Ketiga Raperda yang disampaikan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina dalam rapat paripurna digelar, Rabu (12/8) yaitu,  Revisi  Perda Nomor 5 tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Raperda tentang Perubahan  Badan Hukum PDAM Bandarmasih, dan ketiga  Raperda tentang Parawisata Halal.

“Usai rapat paripurna, dilanjutkan dengan agenda penyampaian usulan tiga Raperda oleh Pemkot Banjarmasin,” kata Ketua Bapemperda DPRD Banjarmasin Arufah Arif.

Politisi PPP Banjarmasin itu menerangkan, pembahasan tiga Raperda tersebut melalui Pansus dapat diselesaikan dalam tempo waktu  tiga bulan.

Terutama, kata Arufah, payung hukum terkait perubahan badan hukum PDAM maupun RTRW karena dinilai  sangat mendesak dan diharapkan disahkan paling lambat akhir tahun 2020 ini.

Dibeberkannya, Pansus Perubahan Badan Hukum PDAM diketuai HM Faisal Hariyadi, Pansus RTRW diketuai Arupah Arief dan Ketua Pansus Parawisata Halal Hilyah Aulia.

Dijelaskannya, PDAM Bandarmasih yang didirikan berdasarkan Perda Nomor  17 tahun 1976 dan sudah beberapa kali mengalami perubahan terakhir  tertuang dalam Perda Nomor 22 tahun 2014, dalam perkembangannya dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan perundang-ubdangan yang lebih tinggi.

“Terakhir perubahan ini atas pertimbangan menindaklanjuti terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha milik Daerah,” katanya.

Dikatakan,  dalam Raperda perubahan status hukum PDAM Bandarmasih yang sebelumnya sebagai Badan Usaha Milik Daerah Kota Banjarmasin diusulkan berubah menjadi Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda).

Menyinggung diusulkannya revisi Perda Nomor 5 tahun 2013 tentang RTRW, perubahan Perda ini juga dinilai sangat mendesak. Selain untuk menyesuaikan dengan aturan lebih tinggi, juga dalam kerangka memenuhi tuntutan arah perkembangan pembangunan  saat ini. (hdr)

Editor: Sandi Firly

Di Posting 13/08/2020 6:55 AM by admin

 630 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *