Connect with us

Balangan

Warga Balangan Bakal Cetak Dokumen Kependudukan di Mesin ADM

PARINGIN, RK – Warga di Kabupaten Balangan kembali akan dimudahkan dalam mencetak dokumen kependudukan seperti E-KTP. Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Balangan bakal memasang satu mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Dengan anjungan itu, masyarakat bisa mencetak dokumen kependudukan semudah mengoperasikan mesin ATM. Selain E-KTP, dalam mesin ini bisa melayani pencetakan kartu keluarga, akta kelahiran, dan lainnya.

“Dalam waktu dekat kami akan memasang ADM. Itu bisa mencetak administrasi kependudukan, E-KTP, KIA, KK, dan akta secara mudah dan cepat,” kata Kepala Disdukcapil Balangan Hifziani kepada wartawan, Kamis (13/08/2020).

Ia mengatakan, anjungan itu nantinya akan dipasang di area lingkungan Masjid Al Akbar Balangan di Kecamatan Paringin Selatan karena dinilai strategis dan merupakan salah satu pusat keramaian.

Lebih lanjut Hifzi mengatakan, sementara ini pihaknya menyiapkan petugas dukcapil yang nantinya akan mengarahkan warga untuk proses pengunaan anjungan.

Terkait kendala, Hifzi mengakui saat ini masih ada keterbatasan blangko dokumen, namun pihaknya akan mengusahakan ajuan penambahan blangko. Sebab tidak menutup kemungkinan akan banyak warga mengunakan anjungan nantinya.

Ke depan, melihat manfaat anjungan ini, Hifzi merencanakan akan menambah mesin anjungan secara mandiri dari anggaran daerah.

“Padahal kita sudah mengusulkan tahun ini pengadaan ADMIN, namun karena terkendala adanya pemotongan anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19, mudahan-mudahan tahun depan bisa kita anggarkan kembali,” bebernya.

Hifzi berharap ADM ini bppppisa membantu masyarakat melengkapi dukumen kependudukan dengan mudan dan cepat.(rilis/elh)

Editor: Sandi Firly

Di Posting 16/08/2020 1:43 AM by admin

 558 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *