Connect with us

Hulu Sungai Tengah

HST Tuan Rumah Rakor Dinas Lingkungan Hidup se-Kalsel

BARABAI, RK- Pemkab Hulu Sungai Tengah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan menjadi tuan rumah rakor instansi lingkungan hidup se-Kalsel, yang dibuka Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri.

Kadis Lingkungan Hidup dan Perhubungan HST Drs Muhammad Yani mengucapkan terima kasih terkait kepedulian kabupaten dan kota di Kalsel kepada HST yang terdampak banjir.

Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri mengatakan, rakor ini sebagai bentuk sinergitas dalam upaya bersama mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya permasalahan akibat banjir yang telah melanda sebagian besar kabupaten dan kota di Kalsel.

Ia mengingatkan arahan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait ada lima aspek yang perlu disiapkan dan dilakukan dalam rangka upaya pemulihan lingkungan pasca banjir.

Yakni, aspek perencanaan yang menuangkan secara detail tentang kegiatan, tata waktu, siapa yang bertanggung jawab serta anggaran. Kemudian, aspek dengan rekayasa teknis termasuk didalamnya aspek regulatif dan penataan ruang seperti pembuatan bendungan, daerah tangkapan air dan normalisasi.

Lalu, aspek vegetatif yaitu kegiatan rehabilitasi daerah aliran sungai, konservasi tanah dan air, penanganan lahan krisis dan agroforesty. Ada pula aspek sosial, serta aspek kelembagaan, baik itu kelembagaan di Kementerian LH dan Kehutanan.

“Serta di tingkat provinsi maupun di kabupaten atau kota sendiri sehingga kita memiliki konektivitas yang terintegrasi melalui komunikasi yang langsung dan cepat,” katanya.

Ia berharap rakor ini dapat menghasilkan rumusan kebijakan dan program-program yang realitis dan implementatif, sehingga mampu mengembangkan sinergitas di antara stakeholder pembangunan, serta mampu mengatasi permasalahan yang timbul, khususnya dalam upaya penanganan pasca banjir di Kalsel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, rakor ini membahas seluruh persoalan lingkungan hidup di Kalsel, termasuk berkenaan dengan banjir yang masih menyisakan banyak persoalan-persoalan, upaya-upaya apa yang memungkinkan untuk dilakukan secara jangka pendek dalam upaya pemulihan lingkungan hidup, serta mendiskusikan kegiatan-kegiatan kita di jangka menengah dan jangka panjang.(Ary)

Editor : Andi

 388 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *