Connect with us

Kalsel

Ratusan Wartawan di Banjarmasin Divaksin Sinovac

BANJARMASIN, RK- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel menggelar vaksinasi Covid-19 di Gedung PWI Kalsel, Rabu (10/3).

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie mengatakan, ada sekitar 370 wartawan yang divaksin, dan pelaksanaannya dibagi menjadi dua hari. “Rabu (10/3) dan Jumat (12/3/) agar tidak menumpuk,” ucapnya.

Kalangan jurnalis diprioritaskan, katanya, karena langsung berhadapan dengan orang banyak. Untuk itu pemerintah juga menganggap jurnalis prioritas pertama mendapatkan vaksin.

“Presiden Jokowi pada saat Hari Pers Nasional beberapa waktu lalu menyatakan wartawan menjadi prioritas penerima vaksin,” katanya.

Diungkapkannya, Dewan Pers dan Kementerian Kesehatan sudah menandatangani MoU untuk mempersiapkan 5 ribu vaksin untuk wartawan di seluruh Indonesia.

Kadis Kesehatan Kalsel Muslim menyampaikan vaksinasi ini merupakan upaya percepatan pencegahan Covid-19 di Kalsel, khususnya di Banjarmasin.

Menurutnya, wartawan merupakan orang yang rentan terpapar karena tugas sebagai seorang jurnalis yang harus selalu bertemu dengan banyak orang.

“Ini merupakan dukungan kita terhadap kawan-kawan. Karena mereka merupakan kelompok yang memiliki resiko setelah tenaga kesehatan, TNI, dan Polri. Wartawan atau jurnalis sering bertemu dengan masyarakat banyak,” ujarnya.

Vaksinasi di tahap kedua ini, Muslim mengatakan bahwa para awak media menjadi prioritas utama pada termin pertama ini yang kemudian nanti akan diberikan juga kepada seluruh masyarakat.

“Ini juga menjadi skala prioritas kita untuk pertama pada termin pertama ini. Selanjutnya semua warga juga akan kita lakukan vaksinasi,” tambahnya.

Muslim menjelaskan bahwa vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19.

“Vaksin ini untuk mengurangi angka sakit. Kalau angka sakit berkurang maka angka kematian akibat Covid-19 ini juga berkurang,” jelasnya.(Andi)

Editor : Andi

 1,047 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *