Connect with us

umum

Anggota Dewan Balangan Soroti Kerusakan Jalan Utama

PARINGIN, RK – Kerusakan jalan utama di wilayah Kabupaten Balangan mendapat perhatian serius angggota dewan. Hal ini lantaran masih adanya armada angkutan dengan beban yang terlampau berat. Kendati pemerintah setempat telah melakukan pembatasan tonase angkutan yang melintas.

Anggota DPRD Balangan Samsudi Noor mengatakan, sejak jembatan Paringin mengalami keretakan sekitar pertengahan Januari 2021, intansi terkait melakukan pembatasan tonase angkutan yang melintas, ditambah pembatasan tinggi maksimal angkutan.

“Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya armada yang mencuri kesempatan melintas, dan berpotensi membahayakan sekaligus memperparah kerusakan,” ungkap politisi Partai Demokrat tersebut, , Senin, (12/4).

Jalur angkutan berat pun dialihkan ke jalan Garuda Maharam yang merupakan jalan utama menuju Perumahan Dinas Bupati Balangan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

“Tentu saja kerusakan tak dapat dihindari karena memang jalan tersebut tidak disiapkan untuk angkutan dengan tonase berat. Namun hanya itu yang bisa dijadikan solusi sementara,” tuturnya.

Akibatnya, aktivitas masyarakat, baik aktivitas ekonomi, pekerjaan, pendidikan dan aktivitas warga yang sedang istirahat menjadi terganggu. Selain rusak, jalanan menjadi berlumpur saat hujan, dan penuh debu saat jalanan kering.

Belum lagi para sopir angkutan dengan tonase berat tersebut mencari jalan-jalan lainnya untuk menghindari Jalan Garuda Maharam dengan melintasi jalan pemukiman warga dengan pondasi jalanan lemah.

Hal ini menambah kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Balangan semakin meluas. Padahal visi misi Pemerintahan Kabupaten Balangan yang baru dilantik, yakni membangun desa menata kota, sudah berjalan kurang lebih 40 hari kerja.

“Ini tentu merugikan pemerintah serta warga Balangan. Kami berharap agar instansi terkait segera menyikapi permasalahan jalan tersebut dan berkoordinasi dengan Balai Jalan dan instansi yang berwenang dalam perbaikan jalan nasional dan provinsi di Kabupaten Balangan,” harapnya.

Ia mengingatkan agar hal tersebut jangan dibiarkan berlarut-larut hingga mengganggu pencapaian visi dan misi bupati dan wakil bupati yang baru terpilih, yakni H Abdul Hadi dan H Supiani. (rls)

Editor: Sandi Firly

 231 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *