Connect with us

Global

Komitmen Ombudsman Kalsel Tingkatkan Pengawasan Pelayanan Publik di Lembaga Pemerintah

BANJARMASIN, RK- Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalsel Hadi Rahman berkomitmen pihaknya akan terus konsisten dalam melakukan pengawasan pelayanan publik di lembaga milik pemerintah.

Hal tersebut diungkapkannya saat acara Ngobrol Santai dan Buka Puasa Bersama Dengan Media Partner dan Dangsanak Ombudsman, dalam rangka ekspos laporan triwulan I 2021 Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Jumat (16/4/2021) di Aula Kantor Ombudsman Kalsel.

“Salah satunya yang menjadi bukti konsistensi kami dalam melakukan pengawasan publik dilembaga pemerintah, yakni dari 177 jumlah akses masyarakat masuk ke Ombudsman RI Perwakilan pada triwulan I, 33 kita tindak lanjuti menjadi laporan dan bisa kita selesaikan sebanyak 16,” tegasnya.

Dari 33 yang ditindaklanjuti, penyimpangan prosedur dan permintaan imbalan uang atau jasa, merupakan jenis maladministrasi terbanyak yang masuk ke Ombudsman.

“Dari 33 itu kan sudah kita ekesekusi ada 17, nah sisanya yang 16 akan kita selesaikan dengan sesegera mungkin,” tambahnya.

Selain menerima laporan masyarakat, Ombudsman Kalsel juga melaksanakan fungsi pencegahan maladministrasi, dengan melaksanakan mapping isu pelayanan publik perihal bencana banjir, kelangkaan gas LPG 3 kg serta melakukan pemetaan awal kajian Vaksinasi Covid-19 dan Pelayanan PDAM.

“Dalam rangka penguatan kelembagaan, Omudsman Kalsel juga melaksanakan program Ombudsman Baelang, berkunjung ke 33 instansi penyelenggara pelayanan publik, kepala daerah, aparat penegak hukum dan instansi vertikal di Kalsel. Kunjungan tersebut juga sebagai penguatan kerjasama kelembagaan dan pembentukan focal point untuk percepatan penyelesaian laporan masyarakat,” ungkapnya.

Melalui berbagai cara tadi dirinya pun optimis peran Ombudsman kedepannya akan semakin dirasakan oleh masyarakat Banua. Selain itu diharapkan pelayanan di lembaga pemerintah dapat semakin baik lagi.

“Kami juga berharap dukungan media untuk memberikan informasi kepada kami jika menemukan pelayanan publik di lembaga pemerintah yang merugikan masyarakat. Kami siap berkolaborasi dan mengeksekusinya,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

 911 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *