Connect with us

Kalteng

Asrani Sarankan Posko Penyekatan Sediakan Rapid Test Antigen Gratis

KUALA KAPUAS, RK – Pemerintah resmi menetapkan larangan mudik 2021 jelang Lebaran lantaran masih pandemi Covid-19. Sejumlah wilayah pun melakukan penyekatan seperti halnya di Provinsi Kalteng.

Setidaknya ada empat titik penyekatan di Kalteng untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2021, yakni di perbatasan Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara.

Penyekatan di empat titik tersebut mendapat dukungan dari Ketua Kerukunan Keluarga Hulu Sungai Utara (KK-HSU), H Asrani SE SH.

Hanya saja, Asrani menyarankan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng dan Pemerintah Kabupaten Kapuas agar memberikan pelayanan di posko penyekatan terhadap keperluan khusus dan yang sifatnya urgen atau darurat tak terduga.

“Misalnya ada orang sakit dari Kalteng yang tanpa rujukan dibawa ke rumah sakit di wilayah Kalsel, dapat diberikan pelayanan pemeriksaan Covid-19 atau rapid test antigen di posko penyekatan tersebut dan digratiskan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng atau Pemerintah Kabupaten Kapuas,” ujar tokoh masyarakat Kabupaten Kapuas ini.

Hal ini, lanjut Asrani, agar warga yang sakit dan akan berobat tersebut sampai ke tujuan, yakni rumah sakit yang ada di wilayah Kalsel.

“Karena sesuatu yang darurat cenderung tak terduga (tidak terencana), terlebih sakitnya mendadak, maka harus dikecualikan dari ketentuan normal yang sudah diatur dalam edaran Gubernur atau Bupati,” jelasnya.

Kenapa pemeriksaan Covid-19 gratis atau biayanya ditanggung oleh Pemprov atau Pemkab, lanjut Asrani, karena memperhatikan kondisi yang sangat situasional mendesak.

“Dan hal ini merupakan bagian yang patut menjadi tanggung jawab Pemprov atau Pemkab sebagai pihak yang membuat peraturan penyekatan tersebut,” pungkas mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas ini.(tim RK)

Editor: Agus Salim

 2,408 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *