Connect with us

Kotabaru

Antisipasi Pemudik, Kotabaru Siapkan 5 Posko.

KOTABARU, RK – Kabupaten Kotabaru bersiap menyekat pintu masuk bagi pemudik yang merupakan tindak lanjut kebijakan pemerintah pusat yang meniadakan mudik lebaran tahun ini.

Upaya antisipasi pemudik yang dilakukan Pemkab Kotabaru yakni dengan membangun posko-posko di beberapa titik perbatasan atau pintu masuk ke Kabupaten Kotabaru.

Usai mengikuti rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri dan beberapa kementrian terkait, Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif didampingi Forkopimda Kotabaru menerangkan beberapa poin yang dibahas, salah satunya peniadaan mudik lebaran sebagai upaya penanggulangan Covid-19.

“Kalau tahun lalu dilarang mudik dan salat tarawih serta salat ied, alhamdulillah meskipun dilarang mudik juga tahun ini namun kita masih bisa melaksanakan tarawih berjamaah di masjid atau mushola,” ucapnya Andi rudi, Senin (03/05/2021).

Sementara itu, Waka Polres Kotabaru Kompol Yuliannor Abdi mengatakan, lima posko yang dibangun yakni posko cegat di Pamukan Barat berbatasan dengan Kaltim, kemudian posko pengamanan di Siring Laut, pos pelabuhan Fery Tanjung Serdang dan Stagen, terakhir pos pengamanan objek vital di pusat perbelanjaan Pasar Kemakmuran.

“Dari lima posko yang itu, nanti akan kita isi dengan porsi TNi-Polri dan instansi pemerintah terkait,” jelasnya.

Ia menambahkan, yang diutamakan di posko adalah tenaga kesehatan karena tugas mereka mencek, mensortir masyarakat yang datang, sekiranya masuk tidak membawa virus.

“Juga akan disiapkan alat rapid antigen di tiap- tiap pos pengamanan, dan akan dilakukan rapid tes secara random. Jika ada yang positif, maka akan kita karantina,” pungkasnya. (mawardi)

Editor: Sandi Firly

 156 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *