Connect with us

Kotabaru

Dinkes Kotabaru Targetkan Vaksinasi Ribuan Lansia dan Guru

KOTABARU, RK – Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru menargetkan sebanyak seribu orang lanjut usia (lansia) dan guru se-Kabupaten Kotabaru akan divaksinasi Covid-19 di tahap ke-2 termin 3.

“Mulai tanggal 5 hingga 7 mei, alhamdulillah sudah 500 orang yang divaksin dari target seribu orang lansia dan guru. Semoga sebelum lebaran kita bisa menyelesaikan vaksinasi hingga 2 ribu orang yang dilaksanakan di 28 puskesmas se-Kotabaru,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Hj. Ernawati kepada riliskalimantan.com, Jumat (7/05/2021).

Erna juga menyampaikan, total sasaran vaksinasi bagi lansia dan guru di 22 kecamatan di 28 puskesmas se-Kotabaru yakni 21 ribu untuk Lansia, dan 7 ribu untuk guru. Semuanya ditargetkan Pj Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA selesai dalam 1 bulan ke depan.

“Kami siap melaksanakan sesuai yang ditargetkan Pj Gubernur Kalsel vaksinasi terhadap 21 ribu orang itu selesai pada Juni mendatang, asalkan nanti vaksinnya tersedia,” tegasnya.

Untuk kendala yang ditemui di lapangan, Erna tidak menampiknya, selalu saja ada kendala yang ditemui pihaknya. Namun katanya, itu tergantung bagaimana pihaknya mensiasati sesuai arahan dari pimpinan.

Di samping itu, menindaklanjuti aturan pemerintah mengenai pelarangan mudik, Erna mengatakan pihaknya sudah menyiapkan rapid antigen. “Sesuai rapat beberapa waktu lalu, kita siapkan 1000 rapid tes antigen di Posko Sengayam, karena itu merupakan perbatasan Provinsi Kalsel dan Kaltim,” terangnya.

Selain posko perbatasan, ujar Erna, rapid tes antigen juga disiapkan di posko-posko pintu masuk Kabupaten Kotabaru, seperti Posko Tanjung Serdang, Posko Pelabuhan Stagen, dan Posko Siringlaut.

“Saya instruksikan kepada tenaga kesehatan untuk menyiapkan 50 buah rapid tes antigen di posko pintu masuk. Namun kami juga siap saja, jika ternyata rapid antigennya kurang,” tandas Erna. (mawardi)

Editor: Sandi FIrly

 390 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *