Connect with us

Martapura

Revitalisasi Kawasan Sekumpul, Pemindahan Makam ke Desa Tungkaran Mulai Dieksekusi

MARTAPURA, RK – Sesuai rencana, 59 makam di Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura Kota dipindah ke Alkah Desa Tungkaran, Sabtu (22/5/2021).

Pemindahan puluhan makam yang terletak di RT 001 RW 001 Kelurahan Sekumpul ini merupakan bagian dari penataan dan revitalisasi kawasan wisata religi Sekumpul, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar menurunkan alat berat untuk proses pemindahan.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie langsung yang memimpin proses pemindahan makam-makam di belakang Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera tersebut.

Kepala daerah yang mempunyai tagline Maju Mandiri dan Agamis (Manis) ini didampingi Asisten Bidang Ekobang Ikhwansyah, Plt Camat Martapura Ramli, Lurah Sekumpul Gusti Marhusin dan Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Banjar Irwan Jaya.

Doa dan tahlil oleh Habib Syekh Bahasyim dan Habib Bahar mengawali proses pengangkatan makam dan pemindahannya.

Berikutnya adalah pengangkatan makam dengan pembongkaran bagian atas menggunakan alat berat eksavator kecil, disambung cara manual menggunakan tenaga manusia. Terlebih dahulu Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyie yang melakukan penggalian, menandai dimulainya pelaksanaan pekerjaan. .

Bupati Banjar H Saidi Mansyur memaparkan, kegiatan pemindahan makam-makam ini merupakan tindak lanjut komitmen pemerintah daerah untuk revitalisasi kawasan Sekumpul.

“Pemindahannya dilakukan bertahap, lima atau enam makam dulu dipindahkan ke Desa Tungkaran. Tentunya kami juga meminta arahan abah guru, apakah sudah sesuai aturan secara Islam,” ujarnya.(riyadi)

Editor: Agus Salim

 1,173 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *