Connect with us

Tabalong

Sepuluh Durian Lokal Tabalong Mendapat Perlindungan Varietas Tanaman dari PPVTPP

TANJUNG, RK- Sepuluh jenis durian di Tabalong telah mendapatkan sertifikat hak perlindungan varietas tanaman dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP).

Hal ini disampaikan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalsel Muhammad Amin saat kunjungan kerja ke Tabalong, Kamis (10/6/2021).

Amin mengatakan, dengan terdaftarnya sepuluh jenis durian ini, masyarakat Tabalong dapat menjaga kearifan lokal tanaman dan buah-buahan asli Tabalong yang banyak macamnya.

” Untuk durian ini ada 10 varietas yang sudah terdaftar di PPVTP, dan sudah lulus sertifikasi sejak tahun 2018 sampai sekarang,” ucapnya.

Sepuluh durian lokal yang mendapatkan sertifikat perlindungan varietas, yakni Layung Burum, Tandak Uya, Pempakin Merah, Layung Pujung, Gantar Bumi Uya, Likol Burum, dan Likoi Kuning.

Nama varietas durian disesuaikan dengan tempat tumbuhnya, seperti Layung Burum berasal dari Desa Burum Kecamatan Bintang Ara atau Gantar Bumi Uya dari Kecamatan Muara Uya.

Dengan diberikannya sertifikat, sepuluh durian lokal ini diharapkan ke depan kearifan lokal buah-buahan asli Tabalong yang lain bisa didaftarkan juga sehingga menjadi hak paten milik Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengakui durian lokal di ‘Bumi Saraba Kawa’ dikenal lezat.

Namun bukan jaminan akan disukai orang luar mengingat bakal masuknya orang dari Pulau Jawa seiring perpindahan ibukota negara baru ke Provinsi Kalimantan Timur yang berbatasan dengan Tabalong. “Kita perlu mengembangkan varietas durian yang bisa digemari orang luar Tabalong,” ungkapnya.

KAnang meminta BPTP Kalimantan Selatan melakukan pengkajian agar varietas durian lokal Tabalong bisa direkayasa sehingga memiliki efek samping lebih rendah bagi kesehatan.(ys)

Editor : Andi

 1,564 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *