Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

Banjarmasin Tengah dan Barat Rawan Gangguan Air Bersih

Hariyasisar: Sudah Saatnya Pipa Lama Diganti

BANJARMASIN, RK- Gangguan distribusi air bersih PDAM Bandarmasih kepelanggan dalam beberapa pekan terakhir sering terjadi.

Selasa (22/6), PDAM Bandarmasih terpaksa menghentikan distribusi air bersih untuk wilayah Banjarmasin Tengah dan Barat, dikarenakan pecahnya pipa koneksi di Jalan Soetoyo S dan Jembatan Dewi Banjarmasin.

Supervisor Humas PDAM Bandarmasih Nur Wakhid menjelaskan, pipa koneksi dari Ahmad Yani ke Banjarmasin Barat yang melewati Banjarmasin Tengah atau Jalan Soetoyo S rentan pecah.

Selain pipa yang sudah berusia 25 tahun lebih, tekanan kendaraan bermotor dengan tonase berat lanjut Wakhid juga menjadi penyebab sering pecahnya pipa koneksi 630 dan 400 mm.

“Pipa di Jalan Soetoyo S memang sering pecah karena sudah tua. Dalam sebulan ini sudah beberapa kali pecah,” ucap Wakhid.

PDAM Bandarmasih, lanjutnya, memiliki program jangka panjang yakni pergantian pipa lama PVC ke pipa baru yang lebih tahan dengan tekanan yakni PE.

Hanya saja, lanjut Wakhid, diperlukan tidak sedikit dana untuk pergantian pipa baru dari Ahmad Yani ke Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Tengah yang panjangnya diperkirakan mencapai 10 kilometer.

“Untuk pergantian pipa saja kita perlu Rp 50 miliar. Sementara penanganan jangka pendek dengan perbaikan pada titik yang mengalami kebocoran atau pecah karena tekanan,” katanya.

Kawasan Banjarmasin Tengah dan Banjarmasin Barat, lanjutnya, merupakan wilayah yang rentan terjadi gangguan distribusi air bersih. Pihaknya berharap secepatnya ada suntikan dana baik dalam bentuk penyertaan modal yang dalam beberapa tahun terakhir tidak pernah didapatkan PDAM Bandarmasih.

Terpisah, anggota Komisi II DPRD Banjarmasin Hj Hariyasisar menilai perlu perhatian besar dari Pemkot Banjarmasin kepada PDAM Bandarmasih terkait persoalan pergantian pipa lama yang sering mengalami kebocoran.

Karena kondisi pipa lama sering mengalami kebocoran atau pecah, lanjut politisi Partai Golkar ini, sudah selayaknya Pemkot Banjarmasin menggelontorkan dana yang cukup besar agar pelayanan PDAM Bandarmasih ke pelanggan tidak terganggu.

“Memang harus ada pergantian pipa lama. Penyertaan modal harus diupayakan pemerintah. Walau bagaimanapun masyarakat atau pelanggan harus menikmati air bersih secara maksimal,” tutupnya.(Hendra)

Editor : Andi

 2,383 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *