Connect with us

Banjarbaru

Pemko Buatkan Plang Menuju Makam Perancang Kota Banjarbaru Van Der Pijl

BANJARBARU,RK – Kalau ditanya di mana letak Taman Van Der Pijl Kota Banjarbaru, sebagian besar warga Kota Banjarbaru mengetahuinya. Namun, saat ditanya letak makam bapak perancang Kota Banjarbaru ini, tak sedikit menggelengkan kepala.  

Taman Van Der Pijl berada di jantung Kota Banjarbaru, sedangkan makam sang arsitek Kota Banjarbaru dan Kota Palangka Raya ini berada di Jalan A Yani Km 29 Landasan Ulin, Banjarbaru.

Kini warga lebih mudah mengetahui di mana makam pemilik nama lengkap Dick Andries Willem Van Der Pijl ini, karena sudah diberi plang nama, Selasa (22/6).

Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin dan Wakil Walikota Wartono menyebutkan akan memperhatikan kondisi makam bapak pembangunan Kota Banjarbaru Van Der Pijl tersebut.

Selain bakal dilakukan pemugaran juga membuatkan plang nama keberadaan makam Van Der Pijl untuk memudahkan dan memberitahukan kepada masyarakat umum, bahwa di lokasi itulah bermakam tokoh sejarah Kota Banjarbaru.

Janji itu ditepati dengan berdirinya plang nama makam Van Der Pijl di Jl A Yani Km29 Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin.

Seorang lelaki yang menjadi pengelola Tempat Pemakaman Umum CTN Pulau Beruang, Rohim begitu gembira dengan didirikannya plang karena lebih memperkenalkan keberadaan makam Van Der Pijl.

Purnawirawan TNI AD berpangkat Pelda ini berpesan kalau makam Van Der Pijl nanti dipugar, ada beberapa tak diubah sebagaimana aslinya. “Tulisan nama Van Der Pijl tetap seperti adanya,” ungkap dia.

Untuk menemukan makam DAW Van Der Pijl setelah memasuki pintu Taman Pemakaman Umum CTN Pulau Beruang menyusuri jalan kecil sekitar 100 meter. Berhenti dan berbelok ke kanan sekitar 30 meter dan berpatokan pohon Kamboja.

Antara dua meter dari pohon Kamboja inilah bermakam sang arsitek Kota Banjarbaru, DAW Van Der Pijl. Lahir di Belanda 23-1-1901 dan wafat di Banjarbaru 27-9-1974, dalam usia 73 tahun.(riyadi)

Editor: Agus Salim

 894 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *