Connect with us

Sport

Fase Hidup Mati di 16 Besar Euro 2020

DAFTAR tim yang lolos 16 besar EURO 2021 ialah Italia, Belgia, Belanda, Inggris, Swedia, dan Perancis dengan status juara grup A hingga F. Berikutnya, ada Wales, Denmark, Austria, Kroasia, Spanyol, serta Jerman yang finis selaku runner-up.

Kemudian ditambah Portugal, Ceko, Swiss, dan Ukraina yang melaju ke fase knock-out Piala Eropa 2020 berkat menjadi empat negara peringkat 3 terbaik.

Salah satu persaingan sengit di babak penyisihan tersaji di Grup F yang berlabel grup neraka. Pada matchday terakhir Kamis (24/6/2021) dini hari, skor imbang mewarnai dua pertandingan yang digelar pada waktu yang sama.

Hungaria bermain seri 2-2 melawan Jerman. Raihan yang sama juga terjadi saat Portugal menjalani duel kontra Perancis.

Selisih poin antara keempat tim tersebut sangat tipis. Di klasemen akhir Grup F EURO 2021, Perancis keluar sebagai juara grup dengan torehan 5 poin. Hasil sekali menang dan 2 kali imbang.

Berikutnya ada Jerman sebagai runner-up. Die Mannschaft mengemas 4 poin. Catatan yang sama juga dipegang Portugal yang akhirnya menempati urutan ketiga.

Posisi Jerman ada di atas Portugal karena mereka unggul head to head kemenangan 4-2. Hungaria ada di posisi juru kunci dengan 2 angka.

Sesuai agenda, peserta untuk babak 16 besar mendatang bakal diisi masing-masing juara grup. Mereka adalah Italia (Grup A), Belgia (Grup B), Belanda (Grup C), Inggris (Grup D), Swedia (Grup E), dan Perancis (Grup F).

Kemudian diikuti oleh 6 tim runner-up. Mereka adalah Wales, Denmark, Austria, Kroasia, Spanyol, serta Jerman. Sementara 4 tiket via peringkat ketiga terbaik disabet oleh Portugal, Ceko, Swiss, dan Ukraina.

Dalam partai berikutnya, pertemuan antara tim-tim kuat Eropa pun tidak terhindarkan. Ada duel Inggris kontra Jerman yang bakal berlangsung di Stadion Wembley, London, Selasa (29/6/2021).

Selain itu, juga terdapat big match Belgia vs Portugal yang dijadwalkan di Stadion La Cartuja, Sevilla, sehari sebelumnya. Nama pertama ialah pemilik peringkat FIFA tertinggi per 27 Mei 2021. Sedangkan nama kedua merupakan sang juara bertahan Piala Eropa.

Usai tergabung di grup “neraka”, pertandingan tersebut merupakan ujian selanjutnya bagi Selecao das Quinas demi misi mempertahankan trofi EURO yang diraih pada edisi sebelumnya.

“Sekarang kami harus berfikir tentang Belgia, yang merupakan lawan tangguh. Jika melihat peringkat, mereka adalah yang pertama. Tetapi, kami akan melakukan evaluasi dan (siapkan strategi) yang harus kami lakukan untuk pertandingan ini,” ungkap Fernando Santos selaku arsitek Portugal, dikutip laman resmi UEFA.(tirto.id)

 2,325 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *