Connect with us

Balangan

Bupati H Abdul Hadi akan Kembangkan Air Terjun Batarius Halong

PARINGIN, RK – Bupati Balangan H Abdul Hadi meninjau objek wisata Air Terjun Batarius yang terletak di Jajangan, anak Desa Mamigang, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, Sabtu (3/7/2021).

Ini adalah kali ketiga Abdul Hadi melakukan peninjauan objek wisata air terjun, setelah sebelumnya sempat meninjau objek wisata Air Terjun Riam Bainggi dan Air Terjun Buntar.

Menuju lokasi Air Terjun Batarius, Abdul Hadi beserta rombongan menembus belantara hutan menggunakan kendaraan trail. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki menempuh medan yang lumayan ekstrem dengan melewati jalan menanjak dan meyisir jurang, serta menyeberangi sungai dengan jarak yang cukup jauh. Kurang lebih 6 hingga 7 jam perjalanan dimulai dari Desa Sawang hingga objek wisata Air Terjun Batarius.

Meski dalam perjalanan diguyur hujan, tidak mematahkan semangat Abdul Hadi dan rombongan untuk terus menuju objek wisata air terjun Batarius.

Abdul Hadi mengaku sangat puas ketika tiba di air terjun Batarius.  “Air Terjun Batarius luar biasa, dan ini akan kita kembangkan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Balangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Abdul Hadi menegaskan, ke depannya untuk infrastruktur menuju lokasi Air Terjun Batarius akan dibenahi, agar memudahkan akses bagi wisatawan dan warga di sana.

“Jadi kita naik ke Batarius bersama-sama konsultan perencana jalan sama Dinas Pariwisata. Untuk masalah infrastruktur jalan, nanti PUPR yang memikirkan. Kemudian pengembangan di titik objek wisata, Dinas Pariwisata yang mengembangkan,” jelasnya.

Ia berharap objek wisata Air Terjun Batarius bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Kabupaten Balangan. “Harapan kita ke depan, ini salah satu destinasi yang menjadi daya tarik orang Kalimantan Selatan datang ke Banua kita,” harapnya.

Abdul Hadi menambahkan, ke depannya dia jua akan kembali mengekplorasi wisata alam lainnya di Kabupaten Balangan. “Untuk seterusnya kita akan mengeksplor Batu Badinding Desa Liyu, kemudian di Tayak dan Pemandian Anggang,” bebernya.

Ia memohon agar seluruh masyarakat ikut mendukung pengembangan objek wisata air terjun Batarius. “Kami mohon dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk pengembangan destinasi wisata ini,” tutup Bupati H Abdul Hadi.(rls)

Editor: Sandi Firly

 294 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *