Connect with us

Global

FISIP UNISKA MAB Beri Pelatihan Kesekretariatan Pada Organisasi Mahasiswanya

BANJARMASIN, RK – Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (UNISKA MAB) Banjarmasin Akhmad Nikhrawi Hamdie Sos, SH, MH mengingatkan, bagusnya kualitas surat menyurat yang ditulis dapat mencerminkan profesional dan berkualitasnya sebuah organisasi.

Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan materi dalam kegiatan Workshop Kesekretariatan Organisasi Mahasiswa FISIP UNISKA MAB, Minggu (11/7/2021) di Hotel Rattan In Banjarmasin.

“Ingin melihat sebuah organisasi itu profesional dan berkualitas itu sangat mudah, lihat bagaimana mereka menulis surat menyuratnya. Kalau menulis surat saja banyak ejaan dan pemilihan kata yang salah, bisa dipastikan organisasinya tidak profesional dan berkualitas,” ungkapnya.

Biasanya yang paling banyak terjadi kesalahan dalam surat menyurat organisasi adalah masalah ejaan hingga tidak bisanya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam organisasi memilih kalimat yang tepat dalam surat.

“Mereka tidak bisa membedakan mana kalimat pembuka dan penutup hingga kalimat inti. Padahal hal tersebut sangat penting agar surat yang ditulis enak dibaca dan bisa tersampaikan maksud tujuannya,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan FISIP UNISKA MAB Banjarmasin Dr. Murdiansyah Herman, S.Sos., M.AP menambahkan, kegiatan seminar kali ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pengurus organisasi mahasiswa di FISIP UNISKA MAB Banjarmasin terkait standart baku yang harus diperhatikan dalam menulis surat menyurat organisasi.

Ada pun pesertanya sendiri terdiri dari sejumlah organisasi mahasiswa di FISIP UNISKA MAB, baik itu BEM, Himpunan Administrasi Publik dan Himpunan Komunikasi.

“Harapan saya setelah kegiatan ini tidak ada lagi organisasi mahasiswa yang salah dalam melakukan penulisan dalam surat menyuratnya. Selain itu juga untuk penomorannya juga kita harapkan bisa seragam,” bebernya.

FISIP UNSIKA MAB sendiri diakuinya memang rutin memfasilitasi organisasi mahasiswanya untuk dapat menggelar berbagai kegiatan sosial, seminar maupun berbagai pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas SDM organisasi.

“Hal ini agar mereka bisa meningkatkan kualitas SDMnya tidak hanya dari belajar di kampus saja. Tapi juga melalui kegiatan yang konkrit dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun masyarakat,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

 945 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *