Connect with us

Balangan

Perpustakaan Balangan Tumbuhkan Minat Baca Melalui Lomba Bercerita

PARINGIN, RK – Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan gemar membaca tahun 2021 melalui lomba bercerita untuk tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Balangan, bertempat di Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan, Selasa (13/06/2021).

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Balangan sekaligus Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Balangan Hj. Megawati Ulfah Supiani menyampaikan, dengan adanya lomba minat baca dan lomba bercerita ini sangat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, karena dengan membaca semua orang termotivasi untuk belajar.

“Apalagi di zaman sekarang dengan adanya media sosial mempermudah anak-anak untuk membaca, mereka bisa berinovasi dan kreatif baik secara perorangan maupun kelompok. Gemar membaca tidak hanya melalui buku saja tetapi melaui medsos juga bisa,” ujarnya.

Selain itu, ia juga sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi terhadap Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan yang sudah menjadi penyelenggara telaksananya lomba ini. Diharapkan dapat menumbuhkan budaya membaca di kalangan generasi belia yang ada di Bumi Sanggam.

“Lomba ini sangat berpengaruh untuk menanamkan kepada para pelajar dan anak-anak agar lebih gemar membaca,” tuturnya.

Ia juga berharap semoga aktivitas membaca ini bisa berkembang menjadi kegemaran dan berlanjut menjadi budaya membaca yang tumbuh subur dan kuat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan Mahyudi mengatakan, Lomba ini merupakan event tahunan yang termasuk dalam program kerja.  “Salah satu program pemerintah untuk mendukung masyarakat gemar membaca termasuk anak-anak pelajar,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menumbuhkan minat membaca, hal seperti itu harus dimodelkan dengan pola dan diolah dalam bentuk lomba bercerita.

“Ketika anak mengikuti lomba, pasti mereka mencari bahan bacaan atau literatur, secara tidak langsung mereka pasti membaca untuk mendapatkan materi lomba yang akan mereka sajikan,” ucapnya. Selain itu, ia juga berharap cerita-cerita rakyat tetap berkembang dan dilestarikan.(rls)

Editor: Sandi FIrly

 258 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *