Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

Wakil Rakyat Banjarmasin Pelototi Penggunaan Dana Covid-19

BANJARMASIN, RK- DPRD Kota Banjarmasin mengalokasikan dana yang cukup besar kepada Pemkot Banjarmasin untuk penanganan covid-19.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin HM Yamin mengatakan, pihaknya tetap mengkritisi laporan penggunaan dana belanja tak terduga tahun 2020 untuk penanganan covid-19 di dinas kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang begitu besar.

Karena, ucap Politisi Partai Gerindra Banjarmasin itu, efektivitas penanggulangan pandemi covid-19 selama ini atau dari tahun 2020 hingga 2021 ini belum begitu dirasakan keberhasilannya, sebab angka kasus covid-19 terus naik, bahkan saat ini makin mengkhawatirkan.

Padahal, ucap dia, untuk Dinas Kesehatan, penggunaan dana covid-19 tahun 2020 mencapai Rp 31 miliar, belum lagi di BPBD Banjarmasin yang lebih besar lagi, hingga totalnya lebih Rp 100 miliar, tapi dirasa belum ada perubahan ke arah lebih baik untuk penanganan pandemi ini.

“Kita harap tahun ini yang anggarannya juga sangat besar, bahkan tidak menuntut kemungkinan akan terjadi refocusing lagi atau kegiatan anggaran pemerintah yang semula digunakan untuk membangun dipotong untuk penangganan COVID-19 ini,” ujarnya

Dari itu, ucap Yamin, koordinasi lintas sektor harus benar-benar diefektifkan untuk penanggulangan dan pengawasan saat ini, karena kasus covid-19 makin naik, bahkan dalam beberapa hari kemarin sudah rata-rata di atas 100 kasus baru.

Di sisi lain saat ini, katanya, pembelajaran tatap muka di sekolah untuk tahun ajaran baru 2021/2022 dimulai, dimana penanganan dan pengawasan harus benar-benar serius.

“Penegakan protokol kesehatan memang harus benar-benar dijalankan. Hal ini juga yang sangat dikritisi beberapa anggota dewan saat rapat dengan Dinkes dan BPBD pada rapat laporan penggunaan dana belanja tak terduga tahun 2020 untuk penanganan covid-19 oleh Pemkot Banjarmasin,” katanya.(Hendra)

Editor : Andi

 1,020 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *