Connect with us

Sport

FI Inggris, Persaingan Sengit antara Max Verstappen dengan Lewis Hamilton

formula1.com

Format Sprint Qualifying Mulai Diterapkan

JADWAL F1 2021 GP Inggris digelar pada Minggu (18/7/2021). Jalannya balapan seri ke-10 yang diselenggarakan di Sirkuit Silverstone, Inggris, dapat disaksikan secara langsung via live streaming Fox Sports. Race akan start pukul 21.00 WIB, Minggu malam.

Dikutip dari tirto.id, gelaran balapan yang berlangsung di Inggris kali ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Max Verstappen dalam menjalani persaingan sengit dengan Lewis Hamilton selaku juara bertahan.

Menilik klasemen pembalap, Verstappen memang masih memimpin via torehan 182. Pria 23 tahun asal Belanda itu unggul jauh atas Hamilton, dengan jarak 32 poin. Hamilton baru mengumpulkan 150 angka dan menghuni urutan ke-2.

Namun demikian, Hamilton masih berpeluang besar memangkas selisih poin yang ada saat tampil di negara sendiri, yakni Sirkuit Silverstone. Berdasarkan catatan selama ini, Hamilton mendominasi hasil balapan di sirkuit yang dibangun sejak 1926 itu. Di Silverstone, dia menjadi juara sebanyak 6 kali dari 7 musim terakhir dalam seri GP Inggris.

Artinya, ada potensi bagi juara dunia 7 kali tersebut untuk kembali memenangkan pertarungan di Sirkuit Silverstone sekaligus memangkas jarak dengan pemimpin klasemen sementara.

Pada seri ke-9 GP Austria yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 4 Juli 2021 lalu, Lewis Hamilton gagal naik podium. Pembalap berpaspor Inggris ini hanya menempati urutan keempat dan berhak mendapatkan tambahan 12 poin.

Sedangkan posisi juara disabet Max Verstappen melalui catatan waktu 1 jam 23 menit 54,543 detik usai menggeber mobil balapnya sepanjang 71 kali putaran.

Bagi Verstappen, kemenangan itu menjadi yang ketiga kali secara beruntun setelah ia menggapai podium juara pada GP Perancis dan GP Styria, serta menggenapi 4 kali raihan juara musim ini.

GP Inggris bakal menjadi ujian bagi Verstappen untuk bisa melanjutkan dominasinya di balapan Formula 1 2021. Kecepatannya bakal diuji di sirkuit “kandang” Hamilton.

Dari okezone.com, balapan F1 2021 kini sudah memasuki seri ke-10. Balapan bertajuk F1 GP Inggris 2021 pun siap digelar di Sirkuit Silverstone mulai Jumat (16/7/2021) malam WIB dan akan mencapai rangkaian puncaknya, berupa balapan, pada Minggu 18 Juli 2021 mulai pukul 21.00 WIB.

Rangkaian F1 GP Inggris 2021 digelar berbeda dari balapan-balapan lainnya. Format baru berupa sprint qualifying akan mulai diterapkan dalam balapan ini. Total, hanya ada tiga seri di musim ini yang akan menggunakan sprint qualifying.

Sprint qualifying adalah sesi yang mirip lomba. Para pebalap harus menempuh jarak 100 kilometer tanpa diperbolehkan masuk pit stop untuk mengganti ban. Jadi, hanya ada satu set ban yang akan digunakan Lewis Hamilton dan kawan-kawan.

Selama sesi sprint qualifying ini, para pembalap diperbolehkan saling menyalip untuk meraih posisi terbaik. Para pembalap akan memperebutkan posisi terbaik untuk dipakai sebagai penentu start balapan.

Tak hanya menentukan start balapan, hasil di sesi ini juga menawarkan poin kejuaraan bagi para pembalap. Tiga pembalap yang finis terdepan akan mendapat poin ekstra dengan rincian, tiga poin untuk posisi satu, dua poin untuk posisi dua, dan satu poin untuk posisi tiga.

Dengan begitu, penyajian rangkaian seri balapan F1 2021 diharapkan bisa lebih menarik. Tetapi, dengan adanya sprint qualifying, sesi balapan pun mengalami perubahan.

Hari pertama rangkaian F1 GP Inggris 2021 akan diisi oleh sesi latihan bebas 1 yang akan digelar pada Jumat (16/7/2021) mulai pukul 20.30-21.30 WIB. Jika biasanya sesi dilanjutkan ke latihan bebas 2, rangkaian hari pertama F1 GP Inggris 2021 akan dilanjutkan ke kualifikasi.

Kualifikasi dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 17 Juli 2021 dini hari WIB. Meski jadwal kualifikasi dimajukan, para pembalap tetap akan beradu kecepatan di sesi ini demi mencapatkan posisi terdepan. Format kualifikasi pun digelar sama, yakni terbagi ke Q1, Q2, dan Q3.

Perubahan format rangkaian F1 GP Inggris 2021 berlanjut ke hari kedua. Para pembalap akan membuka hari dengan sesi latihan bebas 2. Kemudian, barulah sprint qualifying diterapkan. Kedua sesi ini akan digelar pada Sabtu 17 Juli 2021 malam WIB.

Setelah itu, baru ada balapan sesungguhanya yang akan digelar. Balapan akan berlangsung pada Minggu 18 Juli 2021 mulai pukul 21.00 WIB.(rls)

 1,074 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *