Connect with us

Banjarmasin

Hanya Mikro, Kota Banjarmasin Belum Berstatus PPKM Level III

Kadis Kesehatan Banjarmasin Machli Riyadi

BANJARMASIN, RK- Status Banjarmasin tidak termasuk di dalam daerah yang diharuskan pemerintah pusat untuk memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat layaknya Pulau Jawa-Bali.

Hal ini tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 23 Tahun 2021 yang ditanda tangani Mendagri Tito Karnavian tanggal 20 Juli 2021, di mana tidak ada nama Kota Banjarmasin masuk dalam kategori daerah berstatus level III.

Bahkan di dalam Inmendagri tersebut, dari lima provinsi yang ada di Kalimantan, hanya Kalimantan Selatan tidak termasuk dalam level III dan IV.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, saat ini Kota Banjarmasin hanya berstatus level II. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tentang adanya isu PPKM Darurat di Kota Seribu Sungai.

“Tidak ada PPKM Darurat di Banjarmasin, itu info hoax. Saat ini Banjarmasin level II belum level III,” kata Machli, Rabu (21/7).

Meski begitu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina telah melakukan peninjauan ke RSUD Sultan Suriansyah untuk persiapan menghadapi lonjakan peningkatan Covid-19 yang ada di Kota Banjarmasin.

“Arahan Pak Presiden RI saat zoom meeting, kita meminta kapasitas ruangan ditingkatkan jadi 50 persen dari kapasitas yang ada dimasing-masing rumah sakit, khususnya RSUD Sultan Suriansyah,” ujar Ibnu.

BACA : Ini Lho Daerah yang Terapkan PPKM Level 3-4 di Jawa dan Bali

Berdasarkan laporan, sebut Ibnu Sina, pasien Covid-19 yang di rawat di RSUD Sultan Suriansyah berjumalah 43 orang. Kemudian ada 50 tempat tidur yang tersedia dan sudah dipakai 43 tempat tidur maka dari itu ada 50 tempat tidur penambahan di lantai 3 untuk persiapan.

Sementara itu, sesuai isi Inmendagri, bupati/walikota sepanjang tidak termasuk pada huruf c hanya menetapkan dan mengatur PPKM Mikro di masing-masing wilayah pada tingkat kecamatan, desa dan kelurahan sampai dengan tingkat rukun warga (RW)/rukun tetangga (RT) yang menimbulkan dan/atau berpotensi menimbulkan penularan Covid-19.(Hendra)

Editor : Andi

 681 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *