Connect with us

Lifestyle

Mengenang 48 Tahun Kematian Sang Naga

BRUCE Lee adalah aktor yang sangat dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Kepiawaiannya dalam bela diri tidak hanya di dalam adegan film, tapi juga di luar itu membuat banyak orang mengaguminya.

Bruce Lee terlahir dengan nama Lee Jun Fan pada 27 November 1940 di San Fransisco, Amerika Serikat. Bruce Lee lahir bersama sang ayah yang bernama Lee Hoi Chueen yang ketika melakukan tur ke Negeri Paman Sam. Sedangkan ibu Bruce Lee yang bernama Grace Ho merupakan sosok wanita yang sederhana.

Dari laman tempo.co, Bruce Lee dibesarkan oleh keluarganya di Hong Kong, ayahnya yang berprofesi sebagai penyanyi opera sekaligus aktor paruh waktu telah memperkenalkan Bruce Lee dengan dunia hiburan sejak masih usia dini. Bruce Lee bahkan telah muncul sebagai pemeran figuran di film Golden Gate Girl saat usianya masih tiga bulan.

Bruce Lee telah menyelesaikan sekolah menengahnya di Edison dan Washington. Kemudian ia mendaftar sebagai mahasiswa jurusan filsafat di salah satu Universitas di Washington. Kala itu, Bruce Lee juga mendapat pekerjaan sebagai guru seni bela diri gaya Wing Chun yang telah dia pelajari di Hong Kong dari Master Ip Man.

Lewat pengajaran seni bela diri itu kemudian Bruce Lee bertemu dengan seorang wanita yang akan menjadi istrinya yaitu Linda Emery. Bruce Lee dan Linda Emery menikah pada tahun 1964. Dalam perjalanan hidupnya mereka berdua memiliki dua anak, Brandon dan Shannon.

Bruce Lee mulai dikenal berkat perannya sebagai aktor dalam serial televisi “The Green Hornet” yang ditayangkan mulai 1966 sampai 1967. Ketika itu, Bruce Lee yang bertubuh atletis selalu memperlihatkan gaya bertarungnya yang akrobatik serta gerakan teaterikalnya sebagai partner Hornet yaitu Kato.

Pada akhir 1972, Bruce Lee sudah menjadi sosok bintang film terbesar di Asia. Ia bersama Raymond Chow telah berkolaborasi membuat perusahaan produski film sendiri yang bernama Concord Productions. Waktu itu ia berhasil merilis film pertamanya yang berjudul “Return of the Dragon”. Ini adalah film yang ia sutradarai sendiri.

Berkat kerja keras yang telah Bruce Lee lakukan di sepanjang karir perfilmannya. Akhirnya ia mendapatkan kesempatan untuk memasuki proyek film Hollywood pertama kali dengan judul “Enter the Dragon”.

Namun, naasnya sebelum film tersebut dirilis satu bulan sebelumnya, Bruce Lee meninggal di Queen Elisabeth Hospital Hong Kong setelah sebelumnya tiba-tiba mengeluhkan sakit kepala.

Kematian Bruce Lee, 20 Juli 1973 itu masih menjadi misteri hingga saat ini. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa Bruce Lee tewas karena diracun.

Lalu, sebagian orang lagi percaya bahwa Bruce Lee meninggal karena kutukan. Legenda itu pun telah pergi selamanya saat bintangnya bersinar terang.(rls)

 978 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *