Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

PPKM, Pasar Tradisional Perlu Edukasi Ekstra

BANJARMASIN, RK- Pemkot Banjarmasin memberlakukan PPKM Level IV. Sejumlah pusat keramaian seperti mall, sarana pendidikan sekolah, hingga sejumlah aspek perekonomian lainnya untuk sementara waktu ditutup atau tidak buka sepenuhnya.

Dalam setiap kebijakan tentu tidak akan memuaskan semua pihak salah satunya pelaku ekonomi seperti pedagang kaki lima (PKL) atau lainnya, yang tentu akan merasakan dampak berkurangnya pendapatan.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin HM Yamin meminta kepada aparat pemerintah agar tetap memperhatikan aspek sosial dan ekonomi masyarakat saat penerapan PPKM di Banjarmasin.

“Tujuan pemerintah sebenarnya baik untuk menekan angka Covid-19 yang sudah 1000 kasus lebih. Namun perlu juga dipertimbangkan aspek sosial dan ekonomi warga,” ucap Yamin.

DPRD Banjarmasin, lanjut Politisi Partai Gerindra ini, sudah melakukan RDP dengan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan BPBD Banjarmasin terkait pelaksanaan PPKM di Banjarmasin.

“Untuk warga terdampak, Alhamdulillah tetap akan mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam bentuk uang dan beras,” bebernya.

Pemberian edukasi disertai tindakan aparat yang humanis, lanjut Yamin, sangat diperlukan mengubah pola pikir masyarakat agar mereka menyadari pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Terlebih di pasar tradisional, Yamin menilai, perlu kerja keras dan perhatian ektra Pemkot Banjarmasin agar secara bertahap merubah perilaku dan pola fikir masyarakat, yang masih menganggap sepele protokol kesehatan.

“Tidak perlu dengan arogansi merubah pola fikir masyarakat. Bisa dilakukan dengan cara yang lebih humanis. Masyarakat jika diberi pengertian dan perhatian secara perlahan akan sadar dengan sendiri dan menjalankan protokol kesehatan,” tutupnya.(Hendra)

Editor : Andi

 798 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *