Connect with us

Lifestyle

Google Doodle Tampilkan Novelis Perempuan Pertama Indonesia

GOOGLE Doodle hari ini (Sabtu, 31 Juli 2021) menampilkan ilustrasi penulis perempuan Indonesia, Sariamin Ismail. Sariamin merupakan novelis perempuan pertama atau yang dikenal dengan nama penanya Selasih Seleguri.

Mengutip ihram.co.id, dalam laman utama Google Doodle, sosok Selasih ditampilkan dengan baju adat Minang. Ia terlihat sedang menulis di kertas dengan penanya.

Pakaian adat yang digunakannya itu mengisyaratkan bahwa Selasih merupakan perempuan kelahiran Talamau, Pasaman Barat, Sumatra Barat. Selasih lahir pada 31 Juli 1909 dan meninggal di Pekanbaru, Riau, pada 15 Desember 1995 diusianya yang amat senja, 86 tahun.

Sebagai novelis perempuan pertama di Indonesia, karya novel pertamanya berjudul “Kalau Tak Untung” diterbitkan oleh Balai Pustaka pada 1934. Ia menulis untuk sejumlah surat kabar termasuk Pujangga Baru, Panji Pustaka, Asjar, Sunting Melayu, dan Bintang Hindia.

Selasih juga pernah tercatat sebagai anggota parlemen daerah untuk Provinsi Riau, setelah terpilih pada 1947. Ia pindah ke Kuantan sejak 1941 dan ia terus menulis hingga sisa umurnya.(rls)

 378 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *