Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

PPKM Level 4, Tingkat Kesadaran Warga Masih Rendah

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali.

BANJARMASIN, RK- Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali menilai tingkat kesadaran warga terkait penerapan Prokes masih rendah, menyusul kembali meningkatnya angka kasus Covid-19 di Kota Seribu Sungai.

Sebenarnya kata Matnor, jika warga disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumuman, serta menjaga imunitas, kasus Covid-19 ini dapat ditekan.

“Tergantung kita mau disiplin atau tidak. Dan kalau imun kita kuat Insya Allah kita dapat terhindar dari wabah ini,” kata Matnor Ali, Selasa (3/8).

Saat ini, ujar Matnor, kewaspadaan warga terhadap Covid-19 dinilai berkurang. Masyarakat kata dia kemungkinan menganggap wabah ini seperti penyakit biasa. Kebanyakan enggan memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit.

Padahal lanjutnya, jika mengalami gejala Covid-19 seperti demam, batuk dan sesak nafas, seyogyanya segera memeriksakan diri.

“Jika di bandingkan dengan dulu, Covid-19 sekarang ini lebih dahsyat. Sampai saat ini ada 186 Nakes yang terpapar,” ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya juga mendorong pihak terkait, khususnya Pol PP agar lebih tegas dalam menjalankan aturan terkait PPKM level 4 ini. “Harus tegas dan edukasi kepada warga lebih diperkuat,” katanya.

Sebelumnya, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar Banjarmasin mengalami penurunan kasus Covid-19, namun angka angkanya masih tinggi.

Oleh karena itu, pihaknya sepakat memperpanjang PPKM level 4 tersebut. Dengan catatan bahwa, perpanjangan waktu ini untuk mendisiplinkan penegakkan Prokes, kemudian menegakkan 3T, yaitu tes, telusur dan tindak lanjut. PPKM level 4 di Banjarmasin semestinya akan berakhir.

Namun, berdasarkan hasil rapat analis indikator level PPKM Banjarmasin, kasus mingguan dari tanggal 26 – 30 Juli 2021 ada 818 kasus dengan rata-rata 116,9/100 ribu penduduk.

Kemudian kasus perawatan mingguan dari tanggal 26 – 30 Juli 2021 ada 288 kasus dengan rata-rata 41,26/100 ribu penduduk dan BOR Covid-19 mingguan diangka 62 persen.(hdr)

Editor : Andi

Di Posting 03/08/2021 8:04 PM by Andi

 770 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *