Connect with us

DPRD Kalsel

Sosialisasikan Perda, Ketua DPRD Harapkan Kecamatan Sungai Tabuk Fokus Upaya Pencegahan Bencana Alam

MARTAPURA, RK – Bencana banjir yang melanda hampir seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) awal tahun 2021 lalu, menjadi sorotan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel DR (HC) Supian HK SH MH, pada gelaran Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) di Kecamatan Sungai Tabuk, Jumat (6/8).

Supian HK mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Provinsi Kalsel.

Politisi senior Partai Golkar tersebut mengharapkan pemangku kebijakan di level provinsi, kabupaten sampai kecamatan, harus saking bersinergi untuk fokus pada upaya pencegahan, supaya bencana yang pernah melanda di hampir seluruh kabupaten kota Kalsel tersebut tidak terulang kembali dimasa mendatang.

Supian HK menambahkan, untuk skala kecamatan, upaya pencegahan bisa dilakukan dengan imbauan ke masyarakat permukiman, untuk membuat rumah dengan tipe rumah panggung, supaya air hujan yang turun bisa dialirkan dan diserap dengan baik.

Selain itu, penanaman pohon – pohon di area permukiman dapat membantu penyerapan, apabila debit air mulai meningkat.

“Ditambah dengan normalisasi sungai-sungai seperti yang ada di Kecamatan Sungai Tabuk ini akan mengurangi risiko terjadinya bencana,” sebutnya.

Camat Sungai Tabuk Ahmad Rabani sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ketua DPRD Kalsel, karena sudah berkenan hadir di Kecamatan Sungai Tabuk.

Dia berjanji akan mensosialisasikan lebih jauh lagi, perda tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana ini, kepada masyarakatnya di Kecamatan Sungai Tabuk.(rls)

Editor: Agus Salim

Di Posting 07/08/2021 1:10 PM by Agus Salim

 1,719 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *