Connect with us

Hukum

8 Bandar Narkoba Dikirim ke Nusakambangan, Satu di Antaranya Terpidana Mati

FOTO: ILUSTRASI/NET

JAKARTA, RK Sebanyak delapan narapidana yang merupakan bandar narkoba di daerah Jawa Barat dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas IIA Karanganyar di Pulau Nusakambangan.

Lapas Nusakambangan sendiri merupakan Lapas Super Maximum Security.

Dikutip dari okezone.com, pemindahan delapan bandar narkoba tersebut dilakukan secara bertahap. Di mana, terdapat enam narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur berinisial S, MS, R, JS, PA, dan BPS yang dikirim ke Lapas Kelas IIA Karanganyar, pada hari ini.

Sehari sebelumnya, dua narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Bandung, ZF dan AD, telah terlebih dahulu dipindahkan ke Lapas yang sama. Seluruhnya, merupakan bandar narkoba dengan hukuman penjara mulai dari empat tahun hingga seumur hidup, bahkan hukuman mati.

Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, Sudjonggo menuturkan, pemindahan delapan narapidana tersebut merupakan upaya untuk memutus mata rantai peredaran narkoba di Lapas atau Rutan. Hal ini, juga sebagai bentuk pencegahan adanya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan Rutan.

“Kami berkomitmen dalam memerangi narkoba dan tidak main-main akan mengirim bandar ke Lapas Super Maximum Security Nusakambangan untuk memutus mata rantai peredaran narkoba, utamanya di Lapas dan Rutan,” kata Sudjonggo melalui keterangan resminya, Jumat (3/9/2021).

Proses pemindahan narapidana dilakukan sesuai dengan standar protokol pencegahan dan penanganan Covid-19, serta melibatkan pengawalan ketat dari anggota Brigade Mobil Kepolisian Daerah Jawa Barat dan petugas Lapas.

Dalam pelaksanaannya, seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bersikap kooperatif, Rutan Kelas I Bandung dan Lapas Narkotika Kelas IIA Bandung dilaporkan dalam keadaan aman dan kondusif.(okz)

 

 1,098 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *