Connect with us

Seni Budaya

Dewan Kesenian Banjarmasin Dilantik, Hajriansyah: Kita Siap Berkolaborasi

BANJARMASIN, Rk- Ketua Dewan Kesenian (DK) Kota Banjarmasin Hajriansyah menegaskan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk kemajuan kesenian di Kota Banjarmasin.

Hal itu disampaikan Hajriansyah pada acara pelantikan DK Kota Banjarmasin oleh Wali Kota Ibnu Sina, Sabtu (4/9/2021), di Balai Kota. Berkonsep seni Mamanda, pelantikan dengan prokes berjalan lancar.

Dimulai dengan prosesi seni Mamanda yang sangat khas, suasana pelantikan menjadi kental dengan budaya Banjar. Suara tabuhan dan biola serta gong menambah khidmat.

Mengenakan baju kain Sasirangan, ketua dan pengurus Dewan Kesenian Banjarmasin resmi dilantik. “Selamat kepada Dewan Kesenian Banjarmasin, semoga bisa berkolaborasi dengan baik bersama Pemkot Banjarmasin memajukan seni dan budaya,” kata Wali KotaIbnu Sina.

Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin, Hajriansyah usai dilantik mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam proses pelantikan dan kepada semua pengurus.

Sesuai visi dan misinya, ia ingin Dewan Kesenian Banjarmasin tak menjadi semacam event organizer. Namun menjalankan tupoksinya untuk memberikan masukan, menyerap aspirasi dan bergerak dalam memajukan seni dan budaya di Banjarmasin. “Dewan Kesenian menjadi wadah bagi para seniman, dan kita siap berkolaborasi,” tegasnya.

Pada acara pelantikan, Wali Kota Banjarmasin juga membacakan puisi karyanya yang berbahasa Banjar. Pada salah satu baitnya, ia mengibaratkan Banjarmasin bagai “selembar” surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.

Selain itu ditampilkan pula seni Madihin oleh Zacky dan Ferdi. Dua pemuda ini sudah berpengalaman memainkan seni Madihin hingga ke luar negeri untuk mengharumkan nama Banua.

Turut hadir dalam acara itu Kepala Disbudpar Banjarmasin Ikhsan El Haque, Yani Makkie dari Dewan Kesenian Kota Banjarbaru, dan beberapa undangan lainnya. (rls)

Editor: Sandi Firly

 195 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *