Connect with us

Global

China Sambut Baik Pemerintahan Baru Afghanistan Bentukan Taliban

FOTO NET

PEMERINTAH China menyatakan pihaknya menyambut baik berakhirnya “tiga minggu anarki” di Afghanistan dengan pembentukan pemerintahan baru di Afghanistan, China pun menyerukan Taliban untuk memulihkan ketertiban di negara itu.

Taliban menguasai Afghanistan saat pasukan Amerika Serikat menarik diri bulan lalu dan telah membentuk pemerintahan baru yang mulai bekerja Rabu (8/9) ini.

China telah mengecam penarikan mundur AS, yang dikritiknya sebagai tidak terencana dan tergesa-gesa. Beijing mengatakan pemerintahan baru bentukan Taliban akan membantu menciptakan stabilitas di Afghanistan.

“China memandang penting pengumuman oleh Taliban tentang pembentukan pemerintah sementara dan beberapa pengaturan personel penting,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin pada konferensi pers seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (8/9/2021).

“Ini telah mengakhiri lebih dari tiga minggu anarki di Afghanistan dan merupakan langkah yang diperlukan untuk memulihkan ketertiban dan membangun kembali negara,” imbuhnya.

Wang mengatakan bahwa China “tidak akan ikut campur dalam urusan internal Afghanistan”, tetapi berharap Taliban akan “mengupayakan kebijakan domestik dan luar negeri yang moderat dan stabil, menindak tegas semua jenis kekuatan teroris, dan bergaul dengan baik dengan semua negara, terutama negara-negara tetangga.”

Sementara sebagian besar negara-negara di dunia telah mengadopsi pendekatan menunggu dan melihat untuk terlibat dengan Taliban, China telah mengatakan siap untuk membangun hubungan persahabatan dengan kelompok itu setelah pengambilalihan mereka.

Pekan lalu seorang juru bicara Taliban mengatakan Beijing telah menjanjikan peningkatan bantuan, termasuk bantuan penanganan Covid-19.(sumber:detik.com)

 1,020 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *