Connect with us

Kalsel

Diduga Langgar Aturan, Pemkab dan DPRD HST Sidak Cafe

BARABAI, RK- Jajaran Pemkab Hulu Sungai Tengah, DPRD HST, Satpol PP, dibackup kepolisian sidak cafe di Jalan Murakata Kecamatan Barabai pada Selasa (2/11) malam.

Sidak terkait viralnya video di dunia maya dimana ada kegiatan live music dan pria serta wanita yang asyik berjoget di cafe tersebut. Padahal, tempat tersebut dekat dengan sekolah dan tempat ibadah.

Catatan Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja HST, pemilik cafe mengantongi izin dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) 9120216182606 yang diterbitkan pada 26 Oktober 2021. Dalam izinnya, berbentuk rumah minum atau cafe yang menyediakan makan dan minum seperti jus dan makanan ringgan saja.

Saat sidak, tim gabungan menemukan bilik dan ruang yang masih kosong dan dalam tahap perbaikan, yang belum jelas ruangan itu untuk apa.

Penanggungjawab cafe Hossam Farouk membantah ada ada live musik dan joget. Ia menyatakan acara itu khusus untuk keluarga.

“Saya punya potongan videonya. Cafe anda melanggar izin usaha,” kata anggota DPRD HST Salpia Riduan kepada Hossam.

Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab HST Ainur Rafiq meminta Hossam untuk menulis surat pernyataan. Isinya agar tidak mengulangi aktivitas seperti dalam video yang beredar di media sosial.

Surat pernyataan itu, ditandatangani Hossam Farouk, Asisten Pemerintahan H Ainur Rafif, Ketua DPRD HST H Rachmadi, dari kepolisian Iptu Soebagio, dan Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja, serta Kepala Satpol PP Subahani.

Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Citra Hapsari memperingatkan pemilik cafe agar mengikuti aturan di perizinan yang mereka buat.

“Cafe ini sudah menyalahi aturan perizinan. Jadi kami berikan teguran dan kena suat peringatan pertama,” kata Citra.

Kalau masih mengulangi, pihaknya akan melayangkan kembali surat peringatan. Bila yang bersangkutan tidak mengindakan, dinas terkait akan memberikan sanksi. “Sanksi yang paling berat, izin usahanya akan dicabut,” tegasnya.

Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab HST Ainur Rafiq menyatakan pihaknya bergerak cepat atas beredar video tersebut. “Kami tegur yang bersangkutan, dan kami suruh membuat surat perjanjian agar tidak mengulangi lagi,” katanya.(ari)

Editor : Andi

Di Posting 03/11/2021 3:50 PM by Andi

 883 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *