Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

Komisi III Minta Pemkot Banjarmasin Fokus Antisipasi Banjir

BANJARMASIN, RK- Intensitas hujan beberapa hari terakhir di Banjarmasin mengalami peningkatan cukup besar.

BMKG memprediksi beberapa daerah di Kalsel, termasuk Banjarmasin, menjadi salah satu daerah yang cukup tinggi curah hujannya beberapa pekan kedepan.

Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin M Isnaini meminta Pemkot Banjarmasin menggencarkan program normalisasi sungai untuk mencegah terjadinya banjir seperti awal 2021 lalu.

“Awal tahun 2021, kita mengalami musibah banjir. Ini sudah memasuki akhir tahun, perlu dilakukan langkah agar tidak terjadi lagi musibah serupa,” ucap Isnaini.

Dijelaskan Politisi Gerindra ini, beberapa program normalisasi sungai pernah dilakukan Pemkot Banjarmasin seperti di kawasan Sungai Veteran Banjarmasin.

Program seperti ini, sebutnya, juga harus dilakukan di semua kawasan di Banjarmasin agar tidak ada sungai yang tersendat alirannya akibat sampah atau kotoran lain.

“Satu sampai dua bulan kedepan harus gencar pembersihan sungai. Jangan sampai ketika banjir semua jadi ribut. Kita harus belajar dari pengalaman awal tahun lalu,” harapnya.

Dikatakan Isnaini, masih banyak sungai yang perlu mendapat perhatian. Sebut saja kawasan Banjarmasin Timur yang mengalami banjir paling parah awal tahun lalu, harus mendapat perhatian ekstra.

“Sungai atau drainase pemukiman harusnya dilakukan pengecekan secara berkala jangan sampai nanti saat hujan deras dengan intensitas tinggi tidak mampu menampung air. Saya minta Pemkot Banjarmasin fokus hal ini karena dampaknya sangat besar bagi masyarakat,” tutupnya.(hdr)

Editor : Andi

Di Posting 08/11/2021 2:09 PM by Andi

 1,033 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *