Connect with us

DPRD Kota Banjarmasin

Banjarmasin Tergenang, Komisi III Minta PUPR Benahi Drainase

BANJARMASIN, RK- Tergenangnya sejumlah kawasan di Banjarmasin akibat pasang air laut beberapa hari terakhir menjadi sorotan DPRD Banjarmasin.

Kenaikan air hingga masuk ke pemukiman warga kali ini pernah terjadi pada awal 2021 silam.

Kepala Bidang Jembatan Dinas PUPR Banjarmasin Sigit menjelaskan, normalisasi sungai terus dilakukan, salah satunya merancang kawasan Sungai Veteran agar aliran sungai berfungsi maksimal.

Disinggung bagaimana nantinya konsep penataan sungai Veteran, Sigit menjelaskan, jika nantinya Sungai Veteran akan dijadikan sebuah kawasan yang benar-benar berfungsi sebagai sungai.

“Sekarang ini masih banyak jembatan. Nantinya secara bertahap akan kita benahi. Semua tergantung ketersediaan anggaran,” ucapnya.

Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin M Isnaini menilai sistem pengelolaan sungai dan drainase di Banjarmasin masih ada yang salah.

Berkaca dari kejadian pasang rob yang masuk sampai pemukiman warga, lanjut Isnaini, jika drainase berfungsi dengan baik, pasti akan cepat turun.

“Wajar jika air pasang tinggi masuk hingga pemukiman. Tapi saat air surut harusnya ikut turun juga air. Ini kenapa lambat air dipemukiman turun karena ada drainase yang tersumbat,” katanya.

Soal normalisasi sungai, lanjut Isnaini, secara regulasi sebenarnya pemerintah sudah dibekali dengan aturan tegas larangan mendirikan bangunan diatas sungai.

“Tinggal ketegasan pemerintah menjalankan aturan. Untuk pembenahan drainase saat ini juga perlu dilakukan karena pasti banyak yang tersumbat,” tutupnya.(hdr)

Editor : Andi

Di Posting 09/12/2021 3:25 PM by admin

 869 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *