Connect with us

Hukum

MoU Bersama PN Tanjung, LBH Pilar Keadilan Beri Pendampingan Hukum Gratis

TANJUNG, RK- Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pilar Keadilan Tabalong kembali akan memberikan pendampingan hukum gratis di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung kepada masyarakat Tabalong. Ini didasarkan pada penandatanganan perjanjian kerjasama antara LBH Pilar Keadilan dengan PN Tanjung.

“Dengan ditandatanganinya MoU ini, LBH Pilar Keadilan kembali melanjutkan tugasnya sebagai penyedia layanan pada pos bantuan hukum PN Tanjung,” ucap Direktur LBH Pilar Keadilan Chandra Saputra Jaya.

Dalam kerjasama itu, petugas pemberi bantuan hukum tidak dibenarkan memberikan layanan hukum sekaligus kepada penggugat dan tergugat atau terdakwa dalam perkara yang sama. Bantuan hukum harus dijalankan dengan bersikap sopan, ramah, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas.

“Petugas pemberi bantuan hukum di Posbakum harus dilandasi dengan sikap saling menghormati, saling menghargai, dan saling mempercayai,” jelas Chandra.

Pemberian bantuan hukum tidak membeda-bedakan pemohon dengan sepenuh hati dan penuh rasa tanggungjawab. Dilarang mengatasnamakan dirinya sebagai bagian atau petugas dari pengadilan.

“Kami juga bertanggungjawab memberikan informasi yang sebenarnya terkait dengan pelaksanaan tugas di Posbakum dan kami tidak diperkenankan memungut biaya dari masyarakat atau pemohon,” beber Chandra.

“Konsultasi hukum dan pendampingan hukum gratis di persidangan jika kami mendapat penunjukan dari majelis terutama kasus hukum pidana,” tuturnya.

Ketua PN Tanjung Wisnu Widiastuti mengatakan, ini merupakan yang kedua kalinya PN Tanjung melakukan kerjasama dengan LBH Pilar Keadilan.

“Tugas utama mereka adalah memberikan pendampingan hukum kepada masyarakat tabalong khususnya yang berperkara di PN Tanjung,” ujarnya.(ys)

Editor : Andi

Di Posting 04/01/2022 9:56 PM by Andi

 576 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *